Tuesday, January 10, 2023

Resep Makan Siang Praktis



Karena di awal tahun sudah membuat resolusi buat rajin masak, aku bakalan share resep makan siang hari ini. Seperti biasa, di bagian jumlah bahan, tidak aku sebutkan berapa-berapanya, ya. Dikira-kira aja sesuai dengan perasaan dan keyakinan masing-masing.

Siang tadi, aku makan ayam panggang dengan mashed potato dan tumis buncis. Bukan gaya-gayaan mengganti nasi pake mash potato, tetapi karena magic com-ku lagi rusak dan pagi tadi ga sempet masak nasi. Nah, sisa kentang sarapan itulah yang aku bikin mash potato. Haha …


Dada ayam panggang merupakan salah satu menu andalan karena bahannya mudah didapat dan cara masaknya so simple. Berita baiknya, bisa banget dijadikan sebagai booster protein. Menurut fatsecret, dalam 100 g dada ayam, mengandung 24,5 g protein. Lumayan banget, kan ….


Yuk, mari, langsung aja aku share resep makan siang tadi.


Ayam panggang minimalis

Bahan: 

Dada ayam 

Margarin untuk memanggang


Bumbu marinasi:

Bawang putih bubuk

Garam

Merica bubuk


Cara membuat:

  1. Marinasi dada ayam yang sudah dipotong sesuai selera. Kalau aku, lebih suka yang lebar-lebar seperti di foto. Biarkan kurang lebih 30 menit.

  2. Panaskan margarin menggunakan pan.

  3. Panggang ayam yang sudah dimarinasi hingga berwarna kecokelatan pada kedua sisinya. Gunakan api kecil agar dada ayam matang sempurna hingga ke dalam.


Mashed potato a.k.a kentang tumbuk

Bahan:

Kentang 

Keju parut

Susu UHT Full cream plain

Parsley (Pakai oregano juga boleh. Sejujurnya, buatku pribadi, kedua bahan itu sama aja fungsinya. Meskipun pada beberapa artikel yang aku baca, ada perbedaan dalam penggunaannya.)

 

Bumbu:

Merica bubuk

Garam 


Cara membuat:

  1. Rebus kentang hingga matang. 

  2. Tumbuk kentang hingga halus, tambahkan sedikit margarin, merica bubuk, dan garam.

  3. Masak dengan api kecil, tambahkan susu UHT, keju parut, dan parsley.

  4. Aduk hingga tekstur sesuai dengan keinginan dan harapan.


Tumis buncis

Bahan:

Buncis, iris miring atau sesuai selera

Dada ayam, potong dadu

Jagung manis, pipil

Bawang bombay, iris tipis

Margarin untuk menumis

(Kalau suka pedas, bisa ditambah irisan cabai. Aku ga pakai cabai karena sekalian masak buat anak kecil.)


Bumbu:

Garam

Merica bubuk

Saus tiram

Gula pasir


Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu.

  2. Masukkan dada ayam, aduk-aduk hingga berubah warna dan mengeluarkan air.

  3. Tambahkan saus tiram, garam, gula pasir, dan merica bubuk.

  4. Masukkan buncis dan jagung manis pipil. Masak hingga kematangan yang disukai.


Selesai ….

Mudah, bukan?

Selamat memasak, Buibu 💖



Merah Itu Aku
Jogja, 10 Januari 2023

0 comments:

Post a Comment