Thursday, January 19, 2023

Selamat Ulang Tahun KLIP yang ke-4

Tepat hari ini, Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) menginjak usia yang keempat. Lahir pada tanggal 19 Januari 2019, menjadikan angka 19 sebagai favorit. 



Sambil merayakan ulang tahun, KLIP mengadakan acara penyambutan KLIPers 2023. Menyuntikkan semangat dan berbagi tips agar dapat mencapai titik akhir.

Meskipun baru disambut hari ini, sesungguhnya kami telah melakukan setor tulisan sejak tanggal 1 Januari 2023. Karena perjalanan menulis di KLIP selayaknya lari maraton, aku tidak mau terlalu ngebut di awal. Cukup melampaui setoran minimal. Kalau bisa lebih, alhamdulillah. Kalau pun tidak, yang penting amankan badge dulu. Hihi ....

Selain menulis rutin sepanjang tahun, KLIP juga menyediakan program-program yang bertujuan untuk mendukung kemampuan dalam menulis.

Program KLIP 2023

1. Ruang Berbagi 

Pada acara Penyambutan Peserta 2023, Mbak Mia sebagai PJ program menyebutkan ada sembilan materi Ruang Berbagi yang sudah direncanakan. 

- Strong Why Menulis dan Free Writing - Februari

Alasan kuat untuk menulis merupakan pondasi yang harus dimiliki KLIPers agar dapat mencapai garis finis. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya ....

Materi free writing ini favorit banget bagi para curcolers (mengutip istilah Mbak Alfi-Red), termasuk aku 😅. Ini jugalah yang menyelamatkanku sampai bulan-bulan akhir sebelum gugur tahun lalu 😁.

- Membuat Kerangka Karangan (Outline) - Maret

Ini tak kalah menarik, terutama bagi KLIPers yang menempuh jalur yang lebih serius. 

- Mengenal Genre Tulisan Sendiri - Mei

Ini untuk mengenali karakteristik tulisan kita. Setiap penulis memiliki gaya masing-masing. Penasaran, kan ... kamu termasuk genre yang mana? Sama 😁

- Segenggam Ilmu Membuat Review - Juni

Ish ... ini bisa banget membantu kita untuk menulis review buku dan film yang menarik pembaca.

- Story Telling dalam Menulis - Juli

Yuk, Curcolers mari merapat 😄. Etapi, story telling juga bisa dipakai untuk menulis fiksi. Pada materi ini, kita akan mendapatkan ilmu, bagaimana menulis pembukaan agar menarik pembaca.

- Membuat Image Pendukung untuk Menguatkan Tulisan - Agustus

Supaya bisa memanjakan pembaca visual. Sebagai persiapan skripsi juga, ygy. Bisa sekalian nyicil bikin cover 😁.

- Tips dan Trik Membuat Blog dari Halaman Pertama Google - Agustus

Nah, penting buat blogger untuk mempertahankan tulisannya agar bertahan di halaman pertama google. Penulis pemula kayak aku, ngintip dulu. Haha ... dah bertahun-tahun nulis di blog, tetapi judulnya tetep pemula aja. Semoga, setelah mengikuti materi ini, bisa agak naik kelas 😋.

- Cross Editing (Mengedit tulisan orang lain) dan Menghasilkan Sebuah Karya - November

Dari Ruang Berbagi ini, bisa menghasilkan karya, seperti e-book.

- Tips Ikutan Lomba Menulis - Desember

Kemungkinan akan menghadirkan narasumber yang pernah menjuarai lomba menulis atau bahkan juri lomba menulis 😍.


Uwow ... semua materinya emas banget. Terlalu sayang untuk dilewatkan.


2. TTM (Tema Tantangan Menulis)

Program ini masih digawangi oleh Mbak Rella. Bagi KLIPers yang belum punya ide menulis, bisa banget, nih, pakai tema ini. 

TTM dilaksanakan seminggu sekali. 

Program ini membantu kita banget, kan? 😉


3. KBK (Klub Buku Klip)

Duo Mbak Alfi dan Mbak Rhein, sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam KBK.

Program ini biasa digunakan para KLIPers untuk curhat. Durasi acara yang sangat panjang, membuktikan bahwa selain jago menuliskan kata-kata, KLIPers juga juara dalam berkata-kata dalam arti sebenarnya. Kesempatan untuk mengeluarkan 20.000 kata 😁.

Curhat bukan sekadar curhat. KBK ini, seperti namanya, adalah program yang diadakan untuk mereview buku. Dilaksanakan dengan pertemuan daring. 

Hasil dari KBK, bisa teman-teman dengarkan melalui podcast.

Oiya, bagi KLIPers yang telah gugur, masih bisa ikutan KBK 👌


Seru banget, kan, semua program KLIP?


Tak terasa, ini merupakan tahun kelimaku menjadi KLIPers. Meskipun tahun lalu gagal menjadi finisher, aku tetap mendaftar di tahun ini. Sempat ragu apakah akan sanggup menulis karena merasa sangat kesulitan pada tahun sebelumnya di bulan-bulan terakhir. Padahal, aku sudah menyiapkan tulisan untuk skripsi sebagai tugas akhir.

Aku agak kecewa dengan diri sendiri karena tahun lalu merupakan kegagalan pertamaku sejak menjadi KLIPers tahun 2019. Ya sudahlah ... semoga tahun ini dapat lebih baik lagi hingga mencapai akhir. Aamiin ...

Sebagai penutup, aku ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun, KLIP! Semoga di usia yang keempat ini, KLIP semakin bermanfaat dan bersinar sebagai wadah bagi para penulis yang ingin konsisten serta meningkatkan kemampuan diri.


Merah Itu Aku

Jogja, 19 Januari 2023



0 comments:

Post a Comment