Tuesday, January 16, 2024

Masjid Thurfah Dekat Rumah

Namanya Masjid Thurfah. Baru diresmikan hari Jumat, tanggal 5 Januari 2024. 



Masjid yang sejak dimulai pembangunnya pada tahun lalu, sudah sering disebut dalam doa agar dilancarkan hingga berdiri.

Masjid yang sudah dirindukan keberadaannya, bahkan jauh sebelum dibangun.

Kami tinggal di Sleman, tetapi jarak rumah ke masjid terdekat, lebih dari 1 km. Ada pula masjid yang lumayan dekat (mungkin jaraknya tidak sampai 1 km), hanya saja, jalan menuju ke sana, melewati antah berantah. Dengan tanjakan yang kurang aman dilewati anak-anak ketika gelap menyapa. Iya, masih ada lokasi semacam itu di dekat tempat tinggal kami.

Beberapa saat sebelum Masjid Thurfah dibangun, ada keinginan untuk pindah dari rumah ini. Aku punya mimpi untuk tinggal di rumah yang dekat dengan masjid. Apalagi, ketiga anakku lelaki. Sebaik-baik lelaki adalah yang salat berjamaan di masjid.

Kami tinggal di Indonesia, dengan mayoritas penduduk muslim, tetapi akses ke masjid butuh effort yang lumayan. Terutama bagi anak-anak seusia anak-anakku. Merasa perjalanan bersepeda terlalu berisiko jika tanpa pengawasan. Namun, jika harus berboncengan naik motor, terlalu penuh. Ah, banyak alasan.

Sering kali merasa iri ketika melihat anak-anak temanku bisa dengan mudah berjalan kaki ke masjid untuk menunaikan salat wajib. Aku pun berharap, anak-anak bisa seperti itu.

Alhamdulillah, kehadiran Masjid Thurfah di dekat rumah merupakan jawaban dari doa-doaku. Bahkan mungkin doa almarhum Bapak yang berharap agar hati cucu-cucunya terikat dengan masjid. Aku jadi kembali berandai-andai. Sudahlah ...

Keinginan untuk pindah rumah pun sudah sirna. Aku makin mantap untuk tinggal di sini. Lingkungan nyaman, lokasi strategis, dan yang pasti, sudah dekat dengan masjid.

Aku jadi teringat obrolan dengan bude sebelah rumah, beberapa tahun yang lalu. Kami berandai-andai, akan ada persawahan dekat rumah kami yang dijadikan masjid. Bahkan kami pernah berseloroh akan membangun masjid di dekat sini jika mampu.

MasyaAllah, salah satu rezeki bagi kami yang tinggal di sini. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Masjid Thurfah hanya berjarak sekitar 150 meter dari rumah. Sangat memungkinkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Anak-anak pun semangat untuk salat jamaah di masjid. Begitu pun warga sekitar jadi rajin ke masjid. 

Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Menjelang bulan Ramadan, kami sudah punya masjid dekat rumah. Semoga semakin meningkatkan semangat salat tarawih dan subuh berjamaah di masjid.

Lari 5 km aja kuat, masa jalan 150 meter ke masjid, nggak mampu?


Merah Itu Aku

Yogyakarta, 16 Januari 2024


0 comments:

Post a Comment