Sunday, July 28, 2019

Mengamati Gaya Belajar

Padahal sih periode tantangannya udah lewat. Tapi pengamatan kali ini dilakukan kepada Mr. Right😆. Sebenernya udah lama keliatan dari gelagatnya. Cuma dulu ga peduli aja gaya belajar dia mau gimana juga😅.

Gaya belajar Mr. Right dominan kinestetik. Dominan ya.. karena yang aku tau, hampir semua orang memiliki gaya belajar mix. Mungkin tergantung pada hal yang dipelajari atau suasana hati. Entah...ini ilmu ngawurologi kok...ga ada dasarnya🤭.

Beberapa ciri yang nampak dari gaya belajar kinestetik Mr. Right:

1. Kalo telpon, dia biasanya sambil jalan-jalan. Semakin penting pembahasan di telepon, semakin bolak balik aja jalannya.

2. Sering menggerak-gerakkan tangan ketika berbicara. Begitu pula saat berbicara lewat telepon. Aku sering komentar kalo dia gerak-gerakkin tangan pas telpon. "Biasa aja... orangnya ga liat juga kalo gerak-gerak gitu"😁

3. Ini yang sering bikin bete. Dia suka banget goyang-goyangin kaki kalo duduk. Kan ganggu ya kalo duduk sebelahnya jadi ikut goyang-goyang. Apalagi kalo di tempat umum, di kursi panjang yang banyak orangnya. Bisa goyang semua tu orang-orang yang ada di sampingnya. Belum lagi kalo kursinya bunyi😆😆. Semakin sulit tingkatan yang sedang dia pikirkan, semakin cepat gerakan kakinya. Biasanya aku ingetin kalo udah mulai ganggu😁.

Mungkin masih banyak yang luput dari pengamatan ya.. tapi cukup lah untuk ditarik kesimpulan bahwa gaya belajar yang dominan adalah kinestetik😎.

Tadinya aku pikir, gaya belajar Kakak Zidan yang dominan kinestetik karena dia suka liat ayahnya yang ga bisa diem. Children see, children do. Tapi kok Kakak Athar ga gitu, padahal sering liat ayahnya juga kan? 

Apakah memang gaya belajar bukan didapat dari pola asuh, atau ada tapi tidak banyak? Apakah justru lebih ke faktor genetik yang bisa diturunkan meskipun tidak diturunkan ke semua keturunannya? Yang pasti, gaya belajar setiap orang adalah sesuai dengan pribadi masing-masing😊😗. Yaiyalah...ya gitu deh...😅. Kesimpulan yang tidak menyimpulkan apa-apa☺️☺️.


Merah Itu Aku
Jogja, 28 Juli 2019

0 comments:

Post a Comment