Sunday, July 28, 2019

, ,

Berbenah Halaman Rumah (Klaster 3)

Akhirnya sampai juga di penghujung proses berbenah di Kelas Gemarrapi Pratama. Tapi proses berbenah masih akan dilakukan secara berkala. Dan kalo buatku pribadi, ada target untuk mengulang kembali dari klaster 1 supaya benar-benar mantap. Meskipun sudah banyak barang-barang yang dikeluarkan dari rumah, tapi masih ada saja barang-barang yang butuh untuk direview keberadaannya di rumah.

Tugas kali ini adalah terkait dengan berbenah halaman rumah atau area di luar rumah yang masih masuk di area rumah kita

1. Ceritakan pengalaman berbenah halaman rumah yang sudah dikerjakan. Jawab pertanyaan di bawah ini: 

A. Apa saja hambatan dalam berbenah halaman rumah? Bagaimana strategi dalam mengatasinya? 
Hambatan dalam berbenah halaman rumah adalah cara menyingkirkan beberapa karung pasir sisa pemasangan paving block. Karung-karung berisi pasir tersebut ada yang diletakkan di halaman belakang, dan ada yang diletakkan di halaman depan. Sungguh amat sangat mengganggu pemandangan.
Setelah dilakukan diskusi di kelas, ada beberapa ide untuk membuat sesuatu dari pasir yang tergeletak tersebut:
Dibuat pot
Ga kepikiran lho pada awalnya. Setelah muncul ide itu dari temen sekelas, akhirnya aku mencari-cari contoh dan tutorial pembuatannya. Selain bisa dipakai sendiri, pot-pot itu bisa dijual🤑🤑🤑.

Dibuat tempat duduk
Ini juga ga kepikiran. Setelah ditunjukkan gambarnya, aku baru terpikirkan. Dan memang butuh pasir yang banyak kalo bikin tempat duduk, serta semen😁 

B. Apakah ada dari checklist RASA yang belum terpenuhi saat berbenah halaman rumah? Sebutkan dan bagaimana solusi untuk hal tersebut?
Rapi:
Halaman rumah jauh dari rapi karena banyak rumput liar, berkarung-karung pasir, dan tanaman yang tumbuh tak tentu arah.
Solusi: mencabuti rumput-rumput liar, memanfaatkan sisa pasir untuk membuat pot (belum eksekusi), merapikan tanaman-tanaman agar tumbuh teratur.

Aman
Penutup lampu taman pecah sehingga menyisakan bagian yang tajam. Selama ini ditutup menggunakan baskom.
Solusi: segera mengganti penutup lampu taman.

C. Bagaimana cara teman-teman dalam mempercantik halaman rumah? 
Karena aku belum bisa merawat bebungaan, aku hanya menanam dedaunan. Sudah ada beberapa taman tersedia: daun sirih, daun pandan, sereh, dan beberapa tanaman yang aku tak tau namanya. Supaya cantik, aku harus rajin merapikan daun-daunnya agar tidak tumbuh liar ke segala arah, serta rajin mencabuti rumput liar.

2. Lampirkan hasil berbenah halaman rumah. Sebelum dan sesudah dibenahi (bila ada dan memungkinkan). 
Baru ada foto sebelum berbenah. Foto akan ditambahkan jika halaman sudah benar-benar fotoable🤭.


Mersh Itu Aku
Jogja, 28 Juli 2019

#Task15GP #GP1 #gemaripratama #angkatan1 #klaster2 #gemarihalaman #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu #RASA 


0 comments:

Post a Comment