Wednesday, October 28, 2020

Tips Menulis Untuk Pemula


Assalamualaikum,

Kali ini, aku mau sharing sedikit tentang tips menulis untuk pemula. Aku sharing bukan berarti udah lebih jago ya .... Karena sesungguhnya, aku pun masih harus banyak belajar. Tips ini berdasarkan apa yang sudah aku lakukan.

Bismillah, mari aku mulai saja.

Tips menulis untuk pemula:

1. Temukan motivasi terkuat kenapa kamu menulis.

Apa sih motivasi terkuat yang membuatmu menulis? Hal ini penting karena ketika kita mulai malas menulis, motivasi inilah yang akan membuat kita kembali bersemangat. Apa niat awal kita menulis?

Kalau aku pribadi, motivasi menulis adalah ingin menyalurkan hobi dan memberikan manfaat bagi orang lain. 

Bukankah sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain?


2. Rajin membaca

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kalau kamu ingin menjadi penulis, maka kamu harus rajin membaca.

Dari membaca, kita akan mendapat banyak tambahan ilmu dan juga inspirasi.


3. Tuliskan saja

Sering kali kita bingung mencari ide menulis. Padahal ide menulis dapat diperoleh dari mana saja. 

Beberapa cara mendapat ide untuk membuat tulisan:

- Dari apa yang sedang kamu lihat, rasakan, dan pikirkan.

- Dari kejadian yang pernah kamu alami.

- Dari cerita orang lain.

- Dari buku yang kamu baca.


Tuliskan saja, jangan takut salah. Pada awal menulis, kamu tidak perlu takut salah. Semua orang pernah melakukan kesalahan, yang paling penting adalah kita mau belajar dari kesalahan yang pernah dibuat.

Tuliskan saja apa yang mau kita tulis. Tidak perlu memperhatikan pemilihan kata atau tanda baca. Tulis saja sampai selesai. Setelah semua tulisan selesai, endapkan. Kemudian baca ulang untuk memperbaiki kesalahan yang ada.


4. Bergabung dengan komunitas menulis

Berkumpul dengan orang yang memiliki ketertarikan sama dalam menulis akan menambah semangat kita dalam menulis. Dari sana juga, biasanya kita banyak mendapat informasi tentang event dan kelas menulis lainnya.


5. Mengikuti challenge menulis

Mengikuti challenge menulis, bisa berupa project antologi atau lomba menulis. Saat ini sudah banyak sekali lomba dan kelas menulis antologi, baik yang berbayar maupun gratis. Dengan mengikuti project antologi, kita akan 'dipaksa' untuk menulis. Percayalah, setelah buku antologi kita terbit, akan membuat kita ketagihan untuk terus menulis.

Menulis antologi juga bisa menjadi batu loncatan kita untuk menuju buku solo 😄.

Biasanya, di kelas menulis tersebut akan diberikan materi kepenulisan. 


6. Konsisten menulis

Buat target menulis. Misalnya, tantang diri sendiri untuk menulis minimal 300 kata per hari. Tulis tentang apa saja. Lakukan dengan konsisten supaya kita terbiasa menulis.


7. Terus belajar

Menulis adalah belajar sepanjang masa dan dari mana saja. Jangan pernah malas untuk belajar menjadi lebih baik lagi.


8. Afirmasi 

Yakinkan diri kita bahwa semua orang bisa menulis. 


Jadilah orang yang peka, karena ide menulis berada sangat dekat dengan kita.


Selamat merangkai kata, 

Selamat menuangkan ide dengan bahagia 💕💕



Merah Itu Aku

Jogja, 28 Oktober 2020

Continue reading Tips Menulis Untuk Pemula

Sunday, October 18, 2020

Day 18. What keeps you up at night?



What keeps you up at night?

Banyak 🤣🤣

Aku memang lebih mudah diajak begadang. Terutama saat ada hal menarik yang sedang aku lakukan. Atau dikejar deadline 🤸‍♀️👻👻


1. Baca buku

Aku bisa bertahan melek ketika baca buku yang menarik. Biasanya baca novel. 

Kalau untuk bacaan non-fiksi, aku masih ngantukan aja. Huhu ... makanya di habit pertama yang ingin aku latih adalah baca buku non-fiksi sehari minimal 10 halaman. Semoga istiqomah ya...

Baru jalan hari keempat. Dan setiap baca, aku memang ngantuk 🙈🙈.


2. Menyelesaikan project craft

Beberapa kali, aku harus begadang saking merasa tanggung kalau harus berhenti. Rasanya sayang kalau harus menunggu besok untuk menyelesaikannya. Rasanya memang puas saat karya kita menjadi kesatuan utuh yang penampakannya cantik. Apalagi, saat malam adalah waktu yang sangat cocok buat bebikinan karena anak-anak lagi tidur 😁😁.


3. Menulis

Ini berkaitan dengan ide yang kadang mengalir deras saat malam tiba. Tanggung aja kalau enggak langsung dituliskan. Aku rela begadang buat nulis. Pagi-paginya, aku tinggal baca ulang dan touch up 😄


Merah Itu Aku

Jogja, 18 Oktober 2020



Continue reading Day 18. What keeps you up at night?

Saturday, October 17, 2020

Day 17. Which unique set of skills and personality traits do you possess?



Sebagai orang yang memiliki kemampuan biasa dan rata-rata, pertanyaan ini cukup menggelitik. Seharusnya, semua orang punya keunikan ya ....

Coba aku pikirkan 💡💡💡 

Berpikir selesai 

Baiklah, aku tidak akan membandingkan diriku dengan orang lain meskipun keunikan itu biasanya keliatan setelah dibandingkan dengan orang lain. Haha... 

Kemampuanku yang unik menurutku adalah bisa tampak bersikap tenang meskioun ada badai yang menghadang.

Aku anggap itu skill ya, karena pernah suatu ketika Mr. Right bilang kalau aku adalah orang yang tenang. Hihi... jadi, kemampuan unikku adalah tampak tenang meskipun hati terasa gundah gulana. Bisa menghadapi permasalahan berat dengan tetap tenang.

Selain itu, aku adalah orang yang sangat ingin mencoba apa saja. Dan kalau mencoba, aku akan mengerahkan segala daya upaya untuk melakukannya. Sesulit apa pun itu, aku akan berusaha melakukan dengan sebaik-baiknya.


Merah Itu Aku

Jogja, 17 Otober 2020


Continue reading Day 17. Which unique set of skills and personality traits do you possess?

Friday, October 16, 2020

Day 16. What makes you feel furious? Why?



Hal yang membuatku geram adalah ketika ada barang yang tidak berada di tempatnya. Trus dicari enggak ketemu-ketemu. Seakan menghilang tanpa jejak. Hihi ... receh banget, tapi sangat mengganggu.

Ada yang samaan?

Dan yang ngeselinnya, itu enggak cuma berlaku untuk barang-barang milikku aja. Coba gimana engga bikin setres kalo memergoki barang milik anak-anak yang entah gimana gampang banget berpindah lokasi, menghilang, dan tidak utuh lagi.

Aku nggak tau ya, kenapa barang-barang itu semudah itu perpindah secara misterius 😆.

Aku pernah sampe enggak bisa tidur gegara gunting kuku kesayanganku tidak berada di tempatnya. Aku sampe bongkar semua tempat penyimpanan lain untuk mencarinya. Dan akhirnya aku beli lagi saking udah ga tahan banget. Kemudian yang terjadi, seperti yang sudah-sudah. Gunting kuku yang lama, tiba-tiba muncul di tempat yang tak terduga.

Yang paling bikin geram sih urusan mainan anak. Udah aku kasih wadah biar rapiin dan maininnya gampang, eh masih sering dicampur-campur juga. Akhirnya aku harus mengalokasikan waktu untuk membereskan ke wadah yang tepat.

Sudah banyak saran untuk menurunkan standard biar ga setres. Aku pun berusaha. Tapi ketika menghadapinya, sungguh ingin rasanya kumengamuk 😭😭😭.


Merah Itu Aku

Jogja, 16 Oktober 2020

Continue reading Day 16. What makes you feel furious? Why?

Thursday, October 15, 2020

Day 15. What would you fight for?



Apa yang akan kamu perjuangkan?

Beuh ... berat beut dah ...

Yang akan memperjuangkan adalah mimpi.

Iya ... aku akan berjuang untuk semua mimpi yang aku miliki.

Meskipun sudah berusia cukup lanjut, aku tetep punya impian. Tentu saja impianku enggak jauh-jauh dari keluarga dan menulis.

Impian terhadap keluarga adalah menjadikan mereka jalan menuju surga. Aku akan memperjuangkan pendidikan anak-anak terutama agama. Mereka harus memiliki bekal agama yang kuat. Kehidupan yang akan mereka hadapi tidak mudah. Hanya ilmu agama yang akan melindungi mereka dari berbagai godaan yang ada.

Aku juga akan berjuang untuk menuju keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah dengan selalu belajar mengenali Mr. Right dan mencari ilmu untuk memperkuat hubungan yang diridai oleh Allah.


Untuk memperjuangkan impian dalam menulis, aku berusaha untuk mencari sebanyak-banyaknya ilmu. Aku mengikuti banyak kelas menulis untuk menambah pengetahuan tentang tulis menulis. Selain itu, aku membuat target pribadi untuk menulis setiap hari, minimal 300 kata. Hihi... ikutan batas minimal di KLIP ini mah 😄.


Kalau kamu, apa yang akan diperjuangkan?


Merah Itu Aku

Jogja, 15 Oktober 2020


Continue reading Day 15. What would you fight for?

Tuesday, October 13, 2020

Day 13. What do you hate about your life?




Hihi ... kemaren ditanya apa yang disuka dan hari ini, ditanya apa yang dibenci 😁. Karena kemaren aku udah jawab suka semua yang ada di hidupku, untuk jawaban dari pertanyaan hari ini "TIDAK ADA".

Kalau ada peristiwa yang tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan, aku enggak sampai benci sih. Tahapannya kesel aja. Engga seneng. Tapi enggak sampai merasa benci.

Buatku, tahap benci itu udah tinggi banget untuk menilai perasaan tidak suka.

Untuk tahapan perasaan di bawah benci, mungkin ada ya ... coba aku inget-inget ...

Entah kenapa, pikiranku tiba-tiba inget saat aku gagal masuk PTN dan harus kuliah di PTS selama setahun. Setelah aku berhasil masuk PTN di tahun berikutnya, semua sudah terbayarkan. 

Aku pikir sudah terbayarkan karena mengingatnya sudah tidak membuatku sakit hati lagi 😁.


Merah Itu Aku

Jogja, 13 Oktober 2020

Continue reading Day 13. What do you hate about your life?

Monday, October 12, 2020

Day 12. What do you like about your life?



Beberapa saat yang lalu, aku mengikuti sebuah kelas tentang mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri akan membuat kita bisa menerima diri kita sebagai kesatuan yang utuh dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Begitu pula dengan mencintai kehidupan yang kita jalani saat ini. Menerima segala kelebihan dan kekurangannya, dapat membuat kita semakin bersyukur.

Kalau ditanya, apa yang kamu sukai dari kehidupanmu?

Aku menyukai semua yang datang padaku. 

Aku menyukai rutinitasku sebagai ibu dari tiga anak laki-laki dengan segala keramean, kelucuan, dan keribetannya 😄.

Aku menyukai kegiatan menemukan ide-ide yang kemudian bisa aku tuangkan dalam bentuk tulisan. Menyukai proses menulis dan merasa bahagia bisa menyelesaikannya.

Aku juga menyukai kegiatan menyalurkan hobi crafting. Memiliki komunitas yang bisa menambah pengetahuan crafting ku.

Aku menyukai proses mengenal dan memahami diriku sendiri. Bertahap agar bisa juga mengenal orang lain terutama orang-orang yang dekat denganku 😍.


Merah Itu Aku

Jogja, 12 Oktober 2020

Continue reading Day 12. What do you like about your life?