Saturday, November 30, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-10

Gegara mengungsi beberapa minggu kemaren, kami mengalami kebocoran anggaran. Ah, bukan bocor sih..tapi jebol😪😪. Jujurly, aku memang tidak mempersiapkan anggaran khusus untuk mengungsi. Dan memang mengungsi kemaren di luar perkiraan dari segi tempat maupun jangka waktunya. Yang semula diperkirakan cuma 2 minggu, ternyata molor jadi 4 minggu.

Awalnya, kami berencana mengungsi di rumah biasa saja. Dengan perkiraan tetap memasak dan mencuci sendiri. Ternyata perkiraan meleset. Jadi anggaran tempat mengungsi pun semakin membengkak. Belum lagi soal makan yang memaksa jajan. Untuk mencuci, kami pun terpaksa mengeluarkan anggaran khusus untuk laundry.

Alhasil, tabungan darurat kami pun terkuras. Alhamdulillah, aku tidak sampai membobol tabungan pendidikan. Selalu ada hal yang disyukuri dari kejadian yang kita alami😁😁.

Target bulan selanjutnya, yang mana tinggal besok, adalah mulai menabung dan lebih ketat meletakkan uang pada pos-pos tertentu. Semangat menabung lagi, gaess🤑🤑🤑🤑.


Merah Itu Aku
Jogja, 30 November 2019


#hari10
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-10

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-9

Sudah seminggu ini Kakak Zidan dan Kakak Athar diberi uang 2 ribu rupiah sehari. Dan ternyata, setelah diberi rutin, mereka justru semakin hemat dan rajin mengumpulkan uang. 

Kalo ditanya uangnya mau untuk apa, Kakak Zidan jawab untuk beli tanah🤭🤭. Kalo Kakak Athar masih belum tau mau untuk beli apa. Oke syap... yang penting sekarang rajin menabung dulu ya🤗🤗❤❤.


Merah Itu Aku
Jogja, 30 November 2019

#hari9
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-9

Friday, November 29, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-8

Kemaren pagi, Dek Lou dan Kakak Athar kompak terbangun karena muntah. Alhamdulillah Kakak Zidan ga ikut-ikutan. Mungkin karena jatah sakitnya sudah habis minggu kemaren😁.

Sebelum berangkat sekolah, Kakak Athar muntah lagi. Akhirnya diputuskan untuk istirahat saja di rumah. Sepanjang hari, Kakak Athar tiduran (kadang sampai bener-bener tidur). Dari sofa, pindah kamar, ke sofa lagi, ke kamar lagi. Gitu terus bolak balik. Alhamdulillah sudah tidak muntah lagi meskipun kalo makan masih mual katanya. Jadi dia cuma makan sedikit aja.

Berbeda dengan Dek Lou yang sampe dini hari ini masih bolak balik muntah. Tiap makan dan minum, tidak berapa lama kemudian dia muntahkan lagi. Tapi karena haus dan lapar, dia bolak balik minum dan makan meskipun akhirnya dikeluarin lagi. Sedih banget. Dia sampe lemes. Tiba-tiba ndlosor di lantai, minta gendong, nemplok terus maunya. Huhu... makin baper waktu Dek Lou minta mimik padahal baru dua hari ini berhasil weaning 🥺🥺.

Kakak Zidan tetap sekolah seperti biasa. Pulangnya kami ngobrol tentang rejeki kesehatan. Betapa Kakak Zidan harus bersyukur karena nikmat sehat. Menjaga kesehatan tentu saja tidak membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan mengobati ketika sudah sakit. Sehat-sehat terus ya, Kak😘😘😘


Merah Itu Aku
Jogja, 29 November 2019


#hari8
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-8

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-7

Beberapa hari ini, kehidupanku banyak bergantung pada warung depan. Ada yang sabun cuci abis dan ketauan saat udah mau nyalain mesin cuci banget. Ada yang baru tau telur abis, pas ada yang rikues telur ceplok. Thanks to warung depan yang cuma sekian langkah dari depan rumah😅.

Efek samping dari bolak balik ke warung depan adalah peningkatan kemampuan belanja Dek Lou. Setiap aku ke warung depan, tentu saja dia ikut. Saat aku sibuk belanja, dia ikutan ambil-ambil barang dan taruh di kasir😆😆. Jadi, sebelum kami berangkat ke warung depan, aku sudah memberi tahu Dek Lou, apa yang akan dibeli. 

Ketika sampai di warung, dia mulai mendekati rak jajanan. Kemudian memegang-megang nya sambil bilang, "Ini, engga" Dan dia letakkan kembali. Wah, ternyata dia ngerti ya🤩🤩. 


Merah Itu Aku
Jogja, 29 November 2019



#hari7 
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang

Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-7

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-6

Setelah homeless beberapa minggu kemaren, akhirnya kami pulang kembali ke rumah. Dan ternyata rumah belum beres. Masih ada yang perlu diperbaiki lagi. Instalasi air belum selesai, pengecatan pun mandeg. Kecewa? Pasti. Tapi kami fokus pada solusi daripada menyesali yang sudah terjadi.

Selama dalam pengungsian, kami sudah berpindah ke banyak tempat. Kalo dibilang nyaman, ya nyaman. Tapi tetap saja, tempat ternyaman adalah di rumah sendiri. Begitu pun yang dirasakan anak-anak. Meskipun rumah belum beres, tapi mereka sudah bisa pulang kembali ke rumah. 

Kakak Zidan bilang, "Kalo kita nginep (di luar) lagi, Bunda bisa bangkrut ya?"

Aku jawab, "Ga bangkrut sih, kak... cuma kalo di rumah, kita ga perlu mikirin bayar sewa dan Bunda bisa masak. Itu lebih hemat"

Sebelum meminta anak untuk stop jajan, aku harus memberi contoh tidak jajan. Karena dengan kemudahan teknologi saat ini, membuat aku tergoda untuk memilih layanan pesan antar. Dan selama kami mengungsi, itu memang andalan banget. Setelah kami kembali le rumah, setidaknya aku harus mengurangi layanan itu dan mulai masak kembali💪💪.

Memberi contoh dengan tindakan nyata tentunya akan lebih mudah diterima anak-anak daripada kalimat yang panjang lebar tinggi😁😁😁😁.


Merah Itu Aku
Jogja, 29 November 2019



#hari6 
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang


Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-6

Tuesday, November 26, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-5

Siang tadi, kami berdiskusi ringan tentang mengumpulkan uang saku harian. Apa yang anak-anak ingin dapatkan dari uang yang terkumpul.
Sebenernya bisa ditebak sih kalau Kakak Zidan pasti jawab pengen beli smartphone. Cuma yang agak mengejutkan, ketika aku tanya berapa harganya, dia jawab 19 juta😱😱😱. Astaga banget kan... harga motor aku aja ga sampe segitu😒😒. Dan karena sadar, butuh bertahun-tahun buat nabung dari 2ribu rupiah uang saku hariannya untuk mencapai 19 juta, akhirnya dia bilang biar Bunda aja yang beliin😩😩..

Bhaique... aku pun menarik Kakak Zidan kembali ke bumi untuk menghadapi kenyataan. Mari turunkan harga barang yang diinginkan. Dan pilihan jatuh pada buku. Oke...ini lebih masuk akal. Setelah dihitung, perlu waktu sebulan lebih untuk mengumpulkan uang hingga mencapai harga buku yang diinginkan Kakak Zidan. Dengan memperhitungkan dia tetap pengen jajan, kami putuskan untuk menabung selama 2 bulan.

Semoga dengan ada target, Kakak Zidan semakin semangat menabung❤❤❤


Merah Itu Aku
Jogja, 26 November 2019


#hari5 
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-5

Monday, November 25, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-4

Mulai kemaren, aku memberi uang harian anak-anak. Sehari aku beri Rp 2.000,00. Kalau ingin membeli sesuatu yang harganya lebih dari uang saku harian, mereka harus menyisihkan dari jatah hariannya. Untuk Kakak Athar sudah mulai aku sounding membuat catatan pengeluaran. 

Selama ini, jika aku ada keperluan beli sesuatu di warung depan, anak-anak ikutan belanja jajan juga😆😆. Dengan pemberian uang saku harian, jajan mereka sudah menjadi tanggung jawab mereka. 

Agak mengajarkan konsumtif mungkin? Tapi nanti aku ingin mereka lebih bisa mengontrol keinginan ketika ada kebutuhan lebih penting dan harus dikumpulkan dari uang saku harian mereka❤.


Merah Itu Aku
Jogja, 25 November 2019


#hari4 
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-4

Saturday, November 23, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-3

Hari libur gini, biasanya anak-anak minta beli jajan. Tapi karena di rumah masih banyak makanan, anak-anak tidak tergoda untuk jajan di warung depan.

Tapi menjelang sore, godaan jajan seakan begitu kuat. Si abang penjuat es krim seperti dengan sengaja menggoda anak-anak untuk jajan. (Ah, itu perasaan Ibu saja😜)
Dan benarlah Kakak Athar minta beli es krim. Tapi aku bilang tidak usah karena di rumah sudah banyak makanan. Meskipun agak kurang rela, akhirnya dia menurut juga.

Kemudian aku jelaskan tentang keinginan dan kebutuhan. Apa yang kita inginkan, belum tentu kita butuhkan. Seperti beli es krim. Apakah kita benar-benar butuh es krim sementara di rumah sudah banyak jajanan? Atau hanya keinginan saja?
Sebenarnya contoh yang diberikan tidak terlalu prinsip. Tapi bisa sebagai salah satu contoh menahan diri terhadap keinginan yang belum tentu merupakan kebutuhan.

Semoga diskusi kami hari ini, bisa memberi gambaran untuk anak-anak tentang keinginan dan kebutuhan. Mari kita sama-sama belajar ya😘😘🤗🤗.


Merah Itu Aku
Jogja, 23 November 2019


#hari3 
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-3

Friday, November 22, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-2

Setiap hari Jumat, anak-anak dianjurkan untuk berinfak di sekolah. Pagi tadi, aku bawakan anal-anak uang untuk berinfak. Sepanjang perjalanan ke sekolah, kami berdiskusi mengenai pintu rejeki. Salah satu amalan yang dapat membuka pintu rejeki adalah infak dan sedekah.

Mengeluarkan harta untuk infak dan sedekah, tidak akan membuat kita jatuh miskin. Diskusi pun berlanjut ketika Kakak Athar menanyakan tentang bantuan yang diberikan kepada teman yang kesusahan😅😅. Ya...bantuan itu bisa disebut sebagai sedekah juga😁😁.


Merah Itu Aku
Jogja, 22 November 2019


#hari2
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-2

Thursday, November 21, 2019

Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-1

Tantangan Bunsay level 8 ini semakin we.o.we😅😅. Bukan cuma tantangan buat anak ini ya...tapi buat orang tuanya juga😁😁. Untuk tantangan kali ini, aku lebih mengajak Kakak-kakak untuk cerdas dalam mengelola keinginan dan kebutuhan. Selain itu, akan dikenalkan juga tentang konsep rejeki.

Dan tentu saja, tantangan kali ini juga membuatku tertantang untuk lebih cerdas dalam mengelola keuangan yang akhir-akhir ini semakin jebol saja😪😪.

Yuk mari kita bersama-sama menyambut tantangan kali ini dengan suka cita dan niat memperbaiki diri. Semoga dengan mengikuti tantangan ini, kami semua menjadi lebih cerdas dalam mengelola keinginan dan kebutuhan.

Sampai jumpa besok😘😘😘


Merah Itu Aku
Jogja, 20 November 2019


#hari1
#gamelevel8 
#tantangan10hari 
#cerdasfinansial 
#kuliahbundasayang
Continue reading Meningkatkan Kecerdasan Finansial Hari ke-1

Wednesday, November 13, 2019

Aliran Rasa Setiap Anak adalah Bintang

First born. Dia tidak pernah meminta untuk dilahirkan lebih dulu dari adik-adiknya. Siapa juga yang pernah meminta adik di usianya yang baru 20 bulan?? Maka akan sangat tidak adil ketika kami, sebagai orang tua, memintanya untuk menjadi contoh bagi adik-adiknya. Tanpa cela. Menjadi beban bagi bahu kecilnya. 

Dia adalah bintang. Kami, orang tua nya lah yang harus lebih mengenal sang anak agar sinarnya semakin terang.

Tantangan kali ini membuatku lebih melihat kepada kelebihan anak-anak pada umumnya, Kakak Zidan pada khususnya, serta tidak mengungkit kekurangannya. 


Merah Itu Aku
Jogja, 13 November 2019
Continue reading Aliran Rasa Setiap Anak adalah Bintang

Thursday, November 7, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-15

Pagi tadi kakak Zidan mengeluh sakit perut. Tapi tetep berangkat ke sekolah. Jam 11 lewat, Ustadzah memberitahukan bahwa Kakak Zidan sakit. Akhirnya aku ke sekolah buat jemput Kakak Zidan.

Sudah hampir 2 minggu kami mengungsi karena rumah sedang direnovasi. Kakak Zidan sangat perasa...nampaknya dia begitu merindukan aktivitas bersama teman-teman di dekat rumah. Begitu rindu dengan segala permainan yang biasa mereka lakukan di sore hari. Menumpuk perasaan-perasaan rindu dan cuaca yang memang sedang tidak bersahabat, akhirnya Kakak Zidan tumbang juga.

Tapi meskipun tampak lemas, Kakak Zidan tetap ingin bermain bersama adek-adeknya. Semoga lekas pulih ya, Kak🤗🤗🤗.


Merah Itu Aku
Jogja, 7 November 2019


#Hari15
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga
Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-15

Wednesday, November 6, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-14



Kakak Zidan suka banget main catur. Sebenarnya sudah beberapa kali aku belikan catur. Tetapi selalu saja ada yang hilang. 

Setelah sekian lama ga main catur, malam tadi mereka main catur. Sambil menunggu makanan datang, mereka berdua bertanding dengan seru. Di tempat kami makan memang menyediakan berbagai macam permainan. Dan saat melihat ada catur, Kakak Zidan memilihnya.

Terang saja Kakak Zidan yang memenangkan pertandingan karena dia yang membuat aturan (yang tentu saja menguntungkannya). 😆😆😆😆


Merah Itu Aku
Jogja, 6 November 2019



#Hari14
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga
Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-14

Tuesday, November 5, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-13

Kakak Zidan merupakan anak yang nampak cuek padahal perhatian dan berhati lembut🤭🤭. Kalo ada hal yang dia rasa salah atau membuat aku marah, dia pasti akan meminta maaf. Cara meminta maaf nya pun begitu menjiwai. Meskipun kadang setelah minta maaf, dia masih kerap kali mengulang perbuatannya. Tapi aku tetap mengapresiasi permintaan maaf nya.

"Bun, maaf ya..."
"Kenapa, kak?" (Mulai menyelidik)
"Makannya ga habis. Bunda marah?"
"Engga kok...kalo gitu dihabisin sekarang ya..."

Gimana aku bisa marah dengan anak yang sudah meminta maaf dengan ekspresi penuh penjiwaan begitu?😆

Merah Itu Aku
Jogja, 5 November 2019


#Hari13
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga
Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-13

Monday, November 4, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-12

Kakak Zidan sering banget mengucapkan kata-kata manis. Tidak selalu, tetapi sering. Dan itu bikin aku meleleh 😍😍.

Tadi siang aku anter kertas kado yang lupa dibawa. Sesampainya di sekolah, Kakak Zidan sedang jalan ke masjid untuk belajar Tahfiz. Dia langsung memaminggil dan mendekat.

Sebelum aku pulang, dengan manis dia bilang 
"Terima kasih, Bunda... aku sayang Bunda"
Meleleh banget seketika itu juga🥺🥺🥺.

Di balik sikap Kakak Zidan yang nampak cuek dan kadang menguji kesabaran, sebenernya dia adalah anak yang manis🤗🤗.


Merah Itu Aku
Jogja, 4 November 2019


#Hari12
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga
Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-12

Sunday, November 3, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-11

Hari ini, anak-anak berenang lagi. Mereka semangat banget kalo main air. Etapi, tadi Dek Lou cuma sebentar aja berenangnya. Baru sebentar masuk kolam, tiba-tiba dia minta keluar kolam karena pengen pipis. Abis itu ditawarin berenang lagi, jawabnya mau. Eh, begitu dipakein baju renang lagi, dia berubah pikiran. Ga mau pake baju berenang lagi, alasannya basah🤣🤣🤣. Akhirnya kami berdua nonton para kakak dan ayah berenang.

Agenda berenang pagi tadi adalah melatih Kakak Athar berani memasukkan kepala ke dalam air. 
Pelatih : Ayah
Motivator : Kakak Zidan

Mungkin aku pernah cerita bahwa Kakak Zidan memiliki kemampuan mengolah kata-kata penyemangat ala motivator. Kata-kata yang dilontarkan sering menggelitik pengen nyuruh diem. Tapi kali ini, aku biarkan. Selain memberikan kalimat penyemangat, Kakak Zidan juga memberi contoh berupa gerakan-gerakan nyata.

"Ayo, Dek... tahan napas sebentar aja. Gini..." trus si Kakak masukin kepalanya sendiri ke dalam air.
"Ga papa kan... nanti kalo udah bisa renang pasti seneng"

Hihi...kalo Kakak Zidan merasa menguasai sesuatu, dia akan lebih pede menjadi motivator. Good job, Kakak😘🤗...


Merah Itu Aku
Jogja, 3 November 2019


#Hari11
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga

Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-11

Saturday, November 2, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-10


Setelah sekian lama tidak berenang, pagi tadi anak-anak berenang juga. Buat Kakak Zidan yang aktif bergerak, berenang merupakan salah satu penyaluran energi.

Kakak Zidan pernah mengikuti les berenang. Dan saat ini sudah bisa mengambang dan bergerak di air😆😆.
Mungkin berenang seperti naik sepeda ya.. ketika kita sudah bisa, maka kapanpun diperlukan, keahlian itu tidak akan hilang*.

Waktu itu diputuskan untuk berhenti saja karena murid les terlalu banyak sehingga tidak efektif meningkatkan ketrampilan berenang Kakak Zidan. Yang ada justru dia bermain tanpa arah.

Aku sedang mencari guru renang yang bisa memegang 2-3 anak saja supaya lebih fokus. Tapi masih proses pencarian😁. Semoga segera dapat agar passion Kakak Zidan lebih terasah dan terarah🤗😘.


Merah Itu Aku
Jogja, 2 November 2019


#Hari10
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga
Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-10

Friday, November 1, 2019

Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-9

Kakak Zidan adalah anak yang sangat bisa membuat suasana menjadi ramai. Caranya bermacam-macam. Tapi jurus andalannya adalah goda-goda adeknya😆😆.

Kebayang ga gimana riuh nya mereka kalo berkumpul?😌😌 Buat Kakak Zidan, ketenangan yang sebentar sangat mengusik jiwa kreatifnya😁.

Kadang suka heran juga kenapa adek-adeknya heboh banget kalo digoda-goda kakaknya. Aku curiga, sebenernya mereka juga seneng digoda kakaknya. Dan seneng kalo rame.

Buatku, Kakak Zidan punya bakat untuk menceriakan suasana. Tetaplah menjadi anak yang ceria dan menularkan keceriaan ke sekitarmu ya, Kak🤗🤗😘😘


Merah Itu Aku
Jogja, 1 November 2019


#Hari9
#Tantangan10Hari 
#Level7 
#KuliahBunsayIIP 
#BintangKeluarga
Continue reading Setiap Anak adalah Bintang Hari ke-9