Sunday, September 20, 2020

Upload DIY Jogja is Turning Two

 


Happy belated birthday Upload DIY Jogja ... baru 2 tahun usiamu, tapi sudah begitu mempengaruhi kehidupanku.

Semoga di usia yang ke-2 ini, Upload DIY Jogja semakin kece dan memberikan manfaat bagi perempuan di Indonesia pada umumnya, dan perempuan di Jogja dan sekitarnya pada khususnya.

Upload DIY Jogja (UDJ) bagiku adalah tempat di mana aku menemukan passion crafting yang selama ini terpendam jauh di dalam diriku. Bersama UDJ, aku semakin yakin bahwa crafting adalah passion yang membuatku berbinar, bersemangat, dan berbahagia.


Awal mula terbentuknya Upload DIY Jogja

DIY sendiri berasal dari do it yourself yang bisa diartikan dengan membuat sesuatu sendiri. Apa yang dibuat? Macem-macem ya... ada crafting, menjahit, bahkan sampai pertukangan. Cewek nukang? Haha... di komunitas ini, banyak yang bisa nukang 😆.

Upload DIY Indonesia didirikan oleh Baby Dinata dengan tujuan membuat wadah bagi para perempuan di Indonesia, untuk dapat meningkatkan nilai barang bekas, menjadi sesuatu yang bermanfaat dan meningkatkan nilai barang itu sendiri. 

Jika mengikuti akun sosial media Baby Dinata, kita bisa melihat perjalanan beliau dalam mendekorasi rumah mungilnya menjadi tempat yang begitu nyaman, dengan menggunakan barang upcycle. Berawal dari hobi beliau, akhirnya dibentuklah komunitas Upload DIY Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, member Upload DIY Indonesia semakin banyak. Akhirnya, Upload DIY Indonesia membuat komunitas di regional masing-masing. Tujuannya agar member dapat memperoleh manfaat dengan maksimal dan lebih mudah melakukan kegiatan di dekat tempat tinggalnya.

Untuk regional Jogja, awalnya tergabung dalam Upload DIY Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang, dan sekitarnya). Namun, di bulan September 2018, Upload DIY Joglosemar dipecah menjadi lebih kecil lagi. Upload DIY Jogja pun resmi terbentuk pada tanggal 18 September 2018.


Sepak terjang di Upload DIY Jogja

Pengurus generasi pertama UDJ pun dibentuk. Pada saat itu, aku merupakan member baru berusia beberapa bulan sebelum Upload DIY Joglosemar dipecah. Aku bukan orang yang suka berkomunitas sebenarnya. Aku yang pemalu dan tak percaya diri tiba-tiba terseret dalam pusaran komunitas ini.

Perasaanku saat dijerumuskan ke dalam kepengurusan UDJ adalah asing. Aku yang tak suka mengurusi orang lain, akhirnya harus terjun ke dalam komunitas ini. Entahlah, sepertinya masih banyak orang lain yang lebih pantas. Bahkan dari 5 orang pengurus, hanya aku yang statusnya member baru.

Banyak pembahasan kegiatan yang kadang bikin roaming karena aku tak pernah ikut. Namun, setelah mengenal semua lebih dekat, aku merasa mendapat keluarga baru. Kami memiliki passion yang sama. Seharusnya aku tak perlu minder berada di dalamnya.

Beberapa kegiatan, bisa kami selenggarakan bersama UDJ. Selama menjadi pengurus, aku merasakan banyak sekali manfaat bergabung bersama teman-teman di UDJ.

Kegiatan berkumpul yang bisa menguatkan bounding antar member, atau kegiatan challenge yang bisa meningkatkan skill, kami lakukan dengan bahagia. Yah, komunitas adalah tempat kita melakukan hal yang kita sukai dengan bahagia.

Setelah habis masa bakti selama setahun, kepengurusan berganti lagi. Di bawah kepengurusan baru, UDJ semakin menampakkan kebolehannya. Segala kegiatan yang bermanfaat bagi member, semakin sering dilakukan.


Manfaat menjadi bagian Upload DIY Jogja

Bersama UDJ, aku menemukan jati diriku yang sesungguhnya. Aku baru menyadari bahwa bebikinan merupakan salah satu kekuatan yang aku miliki.

Aku yang sebelumnya tidak percaya diri, akhirnya menjadi lebih percaya diri karena mendapat dukungan positif dari teman-teman di UDJ. Eh, malah kadang jadi over PD akutuuu 🙈🤣🤣.

Bersama komunitas UDJ, aku juga belajar bermacam jenis craft. Ternyata selain jahit menjahit, ada banyak jenis craft yang baru aku kenal keberadaannya setelah bergabung bersama UDJ. Bahkan aku menemukan passion spesialisasi crafting setelah bergabung di sini. Gimana enggak makin cinta sama UDJ... 🥰💕💕.


Pada ulang tahun yang kedua, UDJ juga mempunyai kado istimewa. UDJ akan menerbitkan sebuah buku antologi yang berisi cerita para member tentang UDJ. Selain itu, ada juga tutorial yang insya Allah bermanfaat buat kita.

Buku antologi "Upload DIY Jogja Bagiku ..." sedang open PO sampai tanggal 30 September 2020. Ada diskon Rp. 9.000,- (dari harga normal) untuk kamu yang mengikuti PO sebelum tanggal 30 September 2020. Tunggu apa lagi? 😁😁






Blurb : 

Disadari atau tidak, setiap orang sebenarnya mempunyai jiwa seni dan potensial ber-DIY dalam hal tertentu. Buku ini bercerita tentang latar belakang terbentuknya komunitas kreatif, cerita perjalanan penulis terjun di dunia seni, dan ide kreativitas DIY yang berguna lengkap dengan tutorialnya. 

Buku ini diharapkan dapat menularkan semangat mengembangkan kreativitas, khususnya DIY, agar pembaca dapat mengolah bahan mentah dan memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi berguna kembali dan bernilai jual untuk meningkatkan perekonomian wanita Indonesia. 

Spesifikasi Buku : Ukuran : 13 x 19 cm 

Jumlah halaman : 176 halaman 

Penerbit : Stiletto Indie Book 

Berat : 250 gr 

Harga jual : 69.000 

Harga PO : 60.000 

Free : Bookmark 

Estimasi buku ready : Pertengahan Oktober 

Pengiriman dari : Jogja 

Info dan pemesanan : Firda : 08121652930  


Happy DIY, salam iritologi 😘😘🥰🥰


Merah Itu Aku

Jogja, 20 September 2020


2 comments: