Saturday, September 7, 2019

, ,

Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis Hari ke-3


Hari Kamis kemaren, Kakak Athar ada cooking class di sekolah. Dia membuat bola-bola coklat dari biskuit susu. Pulang sekolah, dia langsung minta praktek di rumah. Kebetulan kemaren aku beli beberapa bungkus biskuit susu. Dibawa Kakak Athar sebungkus, masih ada beberapa di rumah. Karena udah sore, akhirnya kami cuma siapkan bahan-bahannya saja. Kakak Athar beli susu kental manis di warung depan. Nyiapin uang sendiri. Pokoknya semangat banget.

Besoknya baru eksekusi. Kakak Athar yang membagi tugas. Aku kebagian meremukkan biskuit. Kakak Athar yang nyiapin wadah, ambil air, nyampur bahan, dan membentuk bulatan-bulatan.

πŸ§•: kok pake piring, Kak?
πŸ§’: di sekolah juga pake piring lebar, bun. Biar gampang.
πŸ§•: oh...ga pake mangkok ya?
πŸ§’: engga ((jawab mantep))

Oke sip... 

πŸ§•: emangnya pake air ya, kak? Ga pake susu kental manis aja?
πŸ§’: kemaren waktu di sekolah pake air. Nanti baru ditambah susu kental manis

Baiklah...aku melihat aja sambil jagain dek Lou biar ga ikutan nyampur-nyampurin bahan🀣. Sesekali ngingetin Kakak Athar untuk nambah airnya dikit-dikit aja. Dan saat aku meleng Dek Lou udah nuang sisa air yang ada di gelas ke campuran bahan yang lagi diaduk kakaknya😌😌. Adonan pun encer seketika.

πŸ§•: ayo kita tambah biskuitnya lagi

Kakak Athar kembali tenang. Akhirnya setelah 3 kali ditambah biskuit, konsistensi adonan pun cukup layak untuk dibikin bulet-bulet. Horeeee....

Dari bikin bulet-bulet coklat, kami belajar berpikir bagaimana cara mengatasi campuran yang terlalu encer. Menambah bahan padat hingga adonan bisa dibentuk bulat. Dan jika adonan terlalu kering, biskuit belum bercampur, bisa ditambah air sedikit demi sedikit. 


Merah Itu Aku
Jogja, 7 September 2019


#hari3 
#gamelevel6 
#tantangan10hari 
#ilovemath 
#matharoundus 
#kuliahbundasayang 
@institut.ibu.profesional


0 comments:

Post a Comment