Wednesday, November 4, 2020

Berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo



Hari Kamis kemaren, kami mengunjungi Desa Wisata Nglinggo di Kulon Progo. Acara sebenernya adalah nemenin Mr. Right ngliat lokasi yang mau dibikin jalan. Ya udahlah, daripada anak-anak nge-game dan nonton tivi melulu di rumah, akhirnya kami ikutan.

Karena hari libur, jadi kami ga ngrasa bersalah juga ngintilin sesebapak kerja 🤣. Eh, tapi kan emang diajak ya 😁.

Kami berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi. Ga menyengajakan buat mruput juga. Pokoknya santuy banget lah.

Perjalanan ke Desa Wisata Nglinggo dari rumah, tidak sampai 1 jam. Jalanan menuju ke sana lumayan bikin degdegan karena menanjak dan berliku. 

Kami semua baru pernah berwisata setelah pandemi. Lumayan khawatir juga karena libur panjang, lokasi wisata bakalan ramai. Alhamdulillah, lokasi wisata ga begitu ramai. 

Kami menuju ke kebun teh yang lumayan luas. Dari tempat parkir, kami berjalan kaki dengan jalan yang menanjak. Semakin merasa sudah berumur dan kurang olah raga karena napas jadi ngos-ngosan.

Kami sempet foto-foto sebentar di kebun teh. Sekalian mengatur napas dan mempersiapkan diri manjat lagi ke gardu pandang.

Foto di kebun teh tingkat pertama

Selanjutnya, kami meneruskan perjalanan menuju gardu pandang. Nampaknya desa wisata ini baru dibuka karena jalan menuju gardu pandang masih dalam pembangunan. 

Sebelum naik, kami mampir ke area kemping. Kurang tau juga sih, lokasi ini beneran untuk kemping atau properti foto aja. 

Camping area

Di area kemping ini, ada beberapa ayunan dan spot foto. Sebenernya ada tempat api unggun di tengah hamparan batu putih pada foto di atas. Tapi ternyata ga kefoto 🙈.

Salah satu ayunan di camping area 


Salah satu spot foto di camping area


Awalnya aku ragu buat manjat ke gardu pandang. Ngliat gardu dari bawah, udah bikin jiper duluan. Tapi tanggung ya, udah sampe sini kok ga naik. Akhirnya memantapkan diri buat naik.

Jalan menuju gardu pandang ada 2. Semuanya melewati tangga yang banyak. Jalan yang satu sudah jadi, sedangkan jalan satunya masih dalam tahap pembangunan. 

Kami naik melalui tangga yang belum jadi. Bukannya sengaja, tetapi karena salah jalan 😆. Aku pun kembali galau. Berdasarkan info dari Pak Tukang yang sedang bikin tangga, gardu pandang udah deket. Ya sudahlah, kami pun melanjutkan perjalanan kembali melalui jalan yang masih berupa tanah dan membelah semak-semak.

Tangga naik masih dalam pembangunan


Akhirnya kami sampai juga ke gardu pandang 😍😍

Gardu pandang Nglinggo, baru diresmikan tahun 2019

Foto di gardu pandang


Setelah puas foto-foto dan menikmati pemandangan dari gardu pandang, kami turun. Jalan yang kami lalui lebih manusiawi karena tangga sudah jadi. Tapi tetep ga berani jalan cepet 😆.

Penampakan gardu pandang dari bawah

Waktu udah di bawah dan ngliat gardu pandang begitu kecil, aku terharu banget karena berhasil naik ke atas bareng anak-anak 😍😍.

Sampe bawah, anak-anak menagih janji untuk ditraktir mie instan cup 😂. Anak-anak memang jarang banget makan mie instan. Jadi, aku dan Mr. Right membuatnya sebagai rewards karena mereka berhasil naik ke gardu pandang 😌

Di dekat tempat parkir, tersedia banyak warung makan berupa gubugan-gubugan makan lesehan. Jadi, kami bisa pilih tempat yang sekiranya lapang. Alhamdulillah, kami dapet tempat yang kosong 😁.

Rata-rata gubugan makan, menyediakan meja kecil tiga buah. Masing-masing bisa lah untuk 2 orang dewasa. 

Kami makan di sini

Nyicipin teh sangrai petani Nglinggo, dengan gula aren 💕



Spot foto di dekat tempat makan


Spot foto di dekat tempat makan

Setelah bersitirahat, makan, dan foto-foto, kami meninggalkan desa wisata Nglinggo. Kami melanjutkan perjalanan menjelajahi Kulon Progo. Melewati beberapa tempat wisata dan hutan pinus. Tapi lewat doang ya. Insya allah, kapan-kapan main ke situ 😁.

Desa wisata Nglinggo dapat menjadi salah satu tujuan wisata keluarga. Udara khas pegunungan dan hamparan kebun teh, bisa menyegarkan pikiran 🤗.


Desa Wisata Nglinggo

Lokasi:
Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Tiket masuk:
Gerbang masuk: Rp. 6.000,-/ orang dewasa
Gardu pandang: Rp. 5.000,-/ orang dewasa


Merah Itu Aku

Jogja, 4 November 2020

2 comments:

  1. Ooohh, jadi ini cerita dibalik foto waktu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... begitulah.. jebulnya kami mengintili blio yang lagi cek lokasi 😂

      Delete