Wednesday, November 25, 2020

Tips Membersihkan Cermin Kamar Mandi

Haiii... Assalamualaikum 💕

Udah lama banget pengen bagi tips-tips bebersihan begini. Cuma kok yang biasanya aku lakukan receh banget ya 🤭.

Nah, kebetulan banget, weekend kemaren, aku berhasil membersihkan cermin kamar mandi dengan sukses. Enggak sukses-sukses banget sih, karena masih ada sisa-sisa cipratan air yang belum menghilang dengan tuntas. Tapi, sejauh ini, aku merasa cukup puas.

Menyesal banget, aku enggak foto before dibersihkan. Karena awalnya, aku ga terlalu berharap akan berhasil. 

Jadi, perjalananku membersihkan cermin kamar mandi sudah berjalan cukup lama. Segala daya upaya sudah aku coba untuk menghilangkan bekas cipratan air yang makin lama makin menutup area cermin dan membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ya, separah itu sampe cerminnya buram banget dan ga bisa buat ngaca.

Hihi... idealnya, setiap hari cermin itu kita keringkan supaya tidak ada jejak-jejak cipratan air yang membekas dan semakin membandel. Tapi ya karena eh karena... jadinya emang jadi separah itu kondisi cermin kamar mandiku.

Beberapa cara yang aku dapatkan dari hasil browsing, sudah aku coba. Misalnya menggunakan pasta gigi, menggunakan baking soda, dan terakhir aku mencoba menggunakan face toner. Rasanya ingin aku ganti saja cermin di kamar mandi itu saking putus asanya 🤣.

Bagi manteman yang mengalami masalah serupa denganku, jangan khawatir, bimbang, atau pun galau. Ada kabar gembira bagi kita semua. Untuk membersihkan cermin dari sisa-sisa cipratan air yang menempel secara membandel, kita hanya membutuhkan sedikit bahan dan usaha. Tenang saja, bahan-bahan yang dibutuhkan pun ada di sekitar kita.

Sesungguhnya, formula ini digunakan untuk membersihkan aquarium yang kusam menjadi baru kembali. Karena sesama perkacaan, aku pun mencoba untuk membersihkan cermin.

Langsung saja ya aku bagikan tips membersihkan cermin dari sisa-sisa cipratan air.

Teman-teman siapkan bahan-bahan sebagai berikut:



1. Asam sitrat (sitrun).

2. Sabun cuci piring.

3. Deterjen bubuk.

4. Kawat pencuci piring.

Catatan: takaran suka-suka 😄


Yang selanjutnya teman-teman lakukan adalah::

1. Campur sitrun dengan air. Balurkan pada permukaan cermin. Diamkan selama 3-5 menit.

2. Campurkan deterjen bubuk dan sabun cuci piring. Aduk rata. Balurkan pada permukaan cermin. Diamkan selama 10 menit.

3. Gosok permukaan cermin menggunakan kawat pencuci piring secara merata. 

4. Bilas dengan air.

5. Jika masih kurang bersih, ulangi lagi mulai dari langkah pertama.

Cermin kembali kinclong


Alhamdulillah, kombinasi ketiga bahan itu sukses membuat cermin di kamar mandi dapat kembali menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Ohiya, tips tambahan ya, untuk kawat pencuci piring, jangan diganti pake spons biasa. Karena ternyata kawat pencuci piring ini sangat ampuh membantu mengangkat sisa-sisa kerak yang membandel 😄.

Sebelumnya aku pake spons biasa, ternyata cerminnya masih buram aja.

Tips selanjutnya adalah, jaga cermin di kamar mandi untuk senantiasa kering. Rajin-rajinlah mengeringkan cermin setelah selesai menggunakan kamar mandi (ini tips juga buat diri sendiri 😁).

Semoga tips ini bermanfaat ya... bagi temen-temen yang menghadapi masalah yang serupa denganku, bisa mencoba tips ini.

Selamat bersih-bersih 💕💕💕


Merah Itu Aku

Jogja, 25 November 2020


0 comments:

Post a Comment