Thursday, November 5, 2020

Habit Tracker

Hai ... hai ...

Assalamualaikum,

Sejak bulan Oktober, aku mulai kelas Gemari Madya #2. Kelas yang udah aku tunggu pembukaannya sejak setaun yang lalu. Eh, malah lebih ya ....

Materi pertama dari Gemari Madya adalah menata jiwa. Pas banget nih ya buat mengurangi berbagai clutter jiwa yang mengganggu.

Banyak hal baru yang aku dapat dari kelas menata jiwa. Pada awal kelas, aku diperkenalkan dengan Brain Dumping. Sebenernya banyak istilah yang dipake untuk menamai kegiatan itu.

Brain dumping adalah suatu cara menuliskan semua yang kita rasakan, kita alami, dan kita rencanakan. Tuliskan semuanya. Setelah itu, kita kelompokkan ke dalam kelompok-kelompok tertentu. Hal ini penting untuk mengenali apa yang ada dalam pikiran dan perasaan kita.

Brain dumping, bisa dilakukan secara berkala untuk membawa beban jiwa ke level sadar, agar dapat kita regulasi dan tidak menjadikan kita overwhelmed. Aku langsung memasukkan brain dumping ke dalam salah satu agenda rutinku 😁.

Salah satu tugas di kelas Gemari Madya adalah membuat habit tracker. Satu habit saja untuk dilakukan selama empat belas hari. Setelah itu, boleh ditambahkan habit baru, dengan tetap meneruskan habit sebelumnya.

Mengenai habit trakcer, sebenernya aku sudah lama melakukannya. Sebelumnya, aku menuliskan habit tracker dengan banyak habit langsung. Yang terjadi, kadang aku jadi kurang fokus melakukan karena saking banyaknya habit yang mesti aku tracking. Akhirnya banyak yang bolong 😆

Bersama kelas Gemari Madya, aku mulai dari awal, dengan mentracker satu habit saja. Memang yang aku rasakan jadi lebih fokus dalam melakukannya. Semoga istiqomah.

Habit tracker bulan Oktober 2020


Habit pertama yang aku lakukan adalah membaca buku minimal sepuluh halaman sehari. Buku non-fiksi ya, Gengs. Soalnya aku masih mengalami kesulitan dalam membaca buku bergenre ini.

Dan ternyata, sejak bulan Oktober, KLIP bikin reading tracker lho. Kan aku jadi semakin semangat baca😁. Kalo reading tracker KLIP, membaca selama 15 menit. Hwaaa... berita baiknya, aku bisa baca lebih dari sepuluh halaman tiap hari 😍😍.

Setelah habit pertama dilakukan selama 14 hari, aku menambah satu habit baru, yaitu workout minimal 10 menit tiap hari. Walaupun pada kenyataannya, bisa lebih dari 10 menit 😂. 

Habit tracker bulan November 2020

Selain menuliskan habit, aku juga menuliskan perasaan dan kondisi tubuh. Dengan mengisi tracker ini, aku semakin mengenal emosi yang berkecamuk di dalam jiwa. Tsah 😆.

Setiap hari, ada form yang harus diisi untuk menyetorkan habit. Hihi... kalo udah begini, tingkat kerajinanku akan meningkat berkali-kali lipat 🤣🤣. Padahal dulu pernah bikin mood tracker tapi banyak bolongnya karena ga harus laporan 🤭.

Untuk template habit tracker ini, sebenernya sudah disediakan oleh tim Gemari Madya. Tapi mereka membebaskan kami untuk menuliskan dengan cara yang paling kami suka. Aku pun memilih membuat sendiri 😁.

Semoga aku semakin rajin, semangat, dan istiqomah dalam melakukan habit-habit baik 💕💕.



Merah Itu Aku

Jogja, 5 November 2020



0 comments:

Post a Comment