Tuesday, October 6, 2020

Day 5. If you had 3 extra hours a day, what would you do with them?

 


Assalamualaikum,

Hari kelima aku ketiduran 🙈🙈

Apa yang kamu lakukan jika memiliki tambahan waktu tiga jam dalam sehari?

Really? Cuma tiga jam nambahnya? 😆😆

Minta ditoyor 😌.

Jika itu terjadi, aku akan:

1. Menulis

Aku punya tanggungan beberapa naskah yang belum kelar. Padahal deadline sudah di depan mata. Ternyata nulis stripping menyedot banyak energi dan pikiran. Semoga bikin kurus #eh 🙈🙈.


2. Kurasi naskah 

Hmmm ... ternyata ini bikin pusing dan pening, Gengs. Mengurasi naskah orang lain memang membutuhkan banyak waktu. Namun, dengan melakukannya, aku banyak mendapat ilmu. Mau enggak mau, aku harus berkawan baik dengan KBBI dan PEUBI. 

Ketika kita sedang menuangkan ide ke dalam tulisan, kita memang tidak perlu memikirkan segala aturan dalam menulis. Tulis saja semua yang ada di kepala kita. Namun, jika tulisan itu akan dibaca orang lain, sebaiknya dalam bentuk yang sudah enak dibaca. Ada salah-salah itu wajar kok, tetapi jangan keterlaluan.

Bagi penulis, jangan malas untuk membaca. Dari sana, kita akan mendapat banyak pelajaran tentang cara menulis. Jadi, bacaannya juga harus yang tulisannya bener ya 😁.

Jangan malu untuk memulai menulis. Salah di awal tak mengapa. Yang penting, kita harus mau belajar memperbaiki kesalahan.

Aku pun masih banyak belajar. Salah satu cara belajar menulis adalah dengan membaca dan mengurasi naskah orang lain.


3. Revisi naskah

Duh, Gusti ... sudah memegang naskah orang lain, bukan berarti naskahku sudah beres 😆. Aku pun dapet tinta merah dari kurator lain. Haha ...

Revisi naskah kalau cuma beresin ejaan dan hal-hal teknis bisa cepet kelar. Kalo harus mempertajam konflik dan menambah adegan, itu yang mesti semedi dulu 😂.


4. Baca buku

Baca buku dan menulis memang paling enak kalo dalam suasana sepi dan tanpa gangguan. Semoga ekstra tiga jam diberikan pas anak-anak udah tidur 😁.


5. Selesaikan pesanan

Kekurangan dari craft adalah minimnya sumber daya manusia. Buat crafter rumahan macam aku, mana mungkin nambah tenaga buat ngerjain pesenan. Bingung juga kalo nambah orang buat bantuin apaan. Secara crafting itu melibatkan rasa. Jadi, memang enggak bisa diserahkan pada orang lain pengerjaannya.

(Ternyata nomer 1 - 3 masih dalam sekelompok aktivitas menulis ya 😂. )


Itulah lima hal yang ingin aku lakukan jika mendapat tambahan tiga jam sehari. Haha... enggak cukup juga ya kalo cuma tiga jam 🤣🤣. 


Merah Itu Aku

Jogja, 6 Oktober 2020


0 comments:

Post a Comment