Wednesday, January 29, 2020

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng Hari ke-7

Kali ini, dongeng yang terpilih adalah Raja Midas, masih dari buku Dongeng Dunia. Diceritakan bahwa Raja Midas sangat menyukai emas. 
Pada suatu hari, Raja Midas menolong seorang Kakek yang ternyata mempunyai anak seorang yang dapat mengabulkan keinginan. Sebagai ucapan terima kasih, Raja Midas diberi kesempatan untuk mengajukan permintaan. Raja Midas meminta agar apa yang dia sentuh akan berubah menjadi emas.
Dan terjadilah.. awalnya Raja Midas sangat senang dengan keajaiban yang terjadi. Dia senang melihat istananya menjadi emas. Begitu pula tongkat kebanggaannya. Tetapi kebahagiaannya sirna ketika makanan yang akan dia makan berubah menjadi emas saat tersentuh tangannya. Begitu pula dengan pengawalnya.
Singkat cerita, Raja Midas minta agar keajaiban sentuhan tangannya dicabut. Lalu permintaannya pun dikabulkan. Segala yang pernah menjadi emas karena sentuhannya kembali seperti semula. 

Mendengar cerita ini, anak-anak tertawa. Kemudian aku katakan bahwa Raja Midas belum merasa puas dengan segala yang sudah dimilikinya. Keserakahannya justru membuat dirinya menjadi kesulitan.


Merah Itu Aku
Jogja, 29 Januari 2020

0 comments:

Post a Comment