Tuesday, January 14, 2020

Aliran Rasa Think Creative

Berpikir kreatif sudah merupakan fitrah yang dimiliki anak untuk memecahkan masalah. Semakin besar, pikiran kreatif itu bisa berkembang atau malah menyusut. Menyusutnya pikiran kreatif bisa disebabkan rasa malas yang dipicu oleh kurangnya dukungan dari lingkungan, termasuk orang tua.

Tapi pada dasarnya, setiap orang memiliki sisi kreatif. Bagaimana dia memecahkan masalah dengan cara yang tidak biasa. Peran orang tua adalah mendukung setiap ide-ide kreatif anak. Paling mudah adalah dengan memberikan pujian agar mereka merasa lebih percaya diri dengan kekreativannya.

Tantangan kali ini, aku lebih mengamati kekreativan yang dilakukan anak-anak. Kakak Athar yang memang sudah nampak amat sangat kreatif, ternyata masih sering luput dari kata-kata pujian. Pada tantangan ini, aku berusaha untuk memberikan apresiasi terhadap segala kreativitas yang dia buat.
Aku yang sejak kecil sangat minim pujian, belajar banyak bahwa jiwa seorang anak harus disiram dengan kasih sayang, termasuk dalam bentuk pujian๐Ÿ˜.

Dukungan orang tua terhadap kreativitas anak-anak dapat meningkatkan rasa percaya diri. Diharapkan setelah dewasa nanti, mereka bisa lebih berpikir kreatif untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks lagi๐Ÿค—๐Ÿค—.


Merah Itu Aku
Jogja, 14 Januari 2020

0 comments:

Post a Comment