Tuesday, August 25, 2020

Baca Komik Virgo and The Sparklings di Webtoon

 

Pic from Kaori Nusantara (google)

Semingguan yang lalu, aku dapet notifikasi update Virgo and The Sparklings setelah beberapa saat hiatus. Aku belum pernah mengikuti komik ini sebelumnya. Notifikasi itu muncul karena aku mengikuti komik buatan Mba Anissa Nisfihani, yaitu My Pre Wedding dan Pasutri Gaje. Kebetulan, comeback nya barengan sama Pasutri Gaje season 3 (terakhir). Melihat nama Mba Annisa sebagai penulis ceritanya, akupun tergerak untuk membacanya.

Begitu baca episode pertama, aku langsung jatuh cinta banget sama cerita dan gambarnya. Komik ini mulai tayang di webtoon tanggal 6 Agustus 2017 (tanggal tayang prolog), dan aku baru seminggu yang lalu baca komik keren ini. Ah, ke mana aja aku? 🀣🀣

Virgo and The Sparklings sudah masuk season 3. Total cerita hingga season 2 mencapai 110 episode dengan rincian, 30 episode season 1 dan 80 episode season 2. Saking penasaran dan serunya cerita komik ini, aku sampe ngebut baca selama 3 hari aja 😱.


Orang-orang di belakang Virgo and The Sparklings

Kekerenan komik Virgo and The Sparklings tak lepas dari kerennya para pendukung di balik komik tersebut. Komik ini merupakan kolaborasi dari Annisa Nisfihani (story), Ellie Goh (art), dan Jan Mintaraga (pemilik cerita asli Virgo and The Sparklings dan perwakilan Bumi langit). Bumi Langit yang memegang lisensi Virgo and The Sparklings.

Aku cuma kenal Annisa Nisfihani yang sukses membuatku jatuh cinta pada tokoh dan cerita My Pre Wedding dan Pasutri Gaje (sequel My Pre Wedding). Gambar dan cerita yang dibuat Annisa Nisfihani kece banget. Salah satu penulis webtoon favoritku 😁.

Dari yang aku baca, Ellie Goh dan Jan Mintaraga juga orang-orang hebat di bidangnya. Ellie Goh sudah menjadi art design di beberapa komik (tapi aku ga ngikutin. Atau belom?πŸ˜†). Sedangkan superheroes buatan Bumi Langit juga unik karena selalu menyelipkan keragaman budaya Indonesia.


Cerita Virgo and The Sparkling

Virgo and The Sparkling merupakan nama band yang terdiri dari tiga orang gadis yang menyukai musik. Tokoh utama adalah Riani yang memiliki kemampuan melihat warna suara. Dia bisa melihat suara dengan nada lembut, penuh kejujuran, hingga suram. Semua dapat dilihat dengan warna yang berbeda. Riani merasa bahwa kemampuannya itu aneh, sehingga dia kurang bisa bersosialisasi dengan teman-temannya.

Suatu peristiwa, membawa Riani pada persahabatan bersama 2 orang gadis yang menyukai musik. Jalan perkenalan mereka tidak berjalan mulus. Tapi akhirnya, mereka bisa bersahabat. Mereka bertiga membuat band indie yang berjuang meraih popularitas. Awalnya mereka hanya mengunggah cover lagu penyanyi terkenal. Namun, saat mengikuti audisi, mereka menciptakan lagu sendiri.

Berbagai rintangan datang silih berganti membuat persahabatan mereka bertiga semakin erat. Konflik-konfliknya ga bertele-tele dalam menemukan penyelesaiannya. 110 episode tidak terasa membosankan. Cerita apik dan didukung dengan gambar yang memanjakan mata.

Selain cerita persahabatan, Virgo and The Sparklings juga dibumbui dengan kisah roman antara Riani dan sang kakak tingkat, Leo. Meskipun mereka sama-sama suka, tapi hingga 2 episode season 3 berjalan, Riani belum juga memberi jawaban atas ungkapan perasaan yang pernah disampaikan Leo. Etapi, interaksi mereka berdua sangat menggemaskan.

Pada komik ini, aku menemukan beberapa pelesetan istilah-istilah yang lucu banget. Misalnya saja, ada grup band terkenal yang bernama Rindu Band dengan Andik sebagai leader sekaligus vokalis. Sound familiar? πŸ˜†πŸ˜†. Atau ada juga media sosial tempat mereka mengunggah karya-karyanya. Loetube. Haha.. asli bikin ngakak. Dan masih banyak juga pelesetan-pelesetan kreatif yang bikin senyum-senyum bahkan ngakak tak terbendung🀣🀣🀣.


Para pemain Virgo and The Sparklings

Riani (Virgo)

Gadis yang kuliah semester awal ini, mempunyai kemampuan melihat warna suara. Melalui kemampuan itu, Riani bisa melihat suara yang keluar ketika bermain musik. Sehingga dia dapat mengatur permainannya agar nada-nada yang dihasilkan menjadi indah.

Selain itu, Riani juga mampu mengeluarkan listrik dan api dari warna suara yang dia kumpulkan dan dikendalikannya. Semakin lama, Riani bisa menguasai warna suara yang dia lihat.

Posisi Riani dalam band adalah sebagai vocal dan gitaris.


Monica (Camar)

Teman sekelas Riani, anak kos yang berasal dari Maluku. Pertama kali ketemu saat ospek. Monica secara tidak sengaja melihat Riani bernyanyi dan bermain gitar. Seketika itu juga, Monica menyampaikan keinginannya untuk mengajak Riani main band bersamanya.

Monica adalah anak kos yang menggantungkan hidupnya dari uang kiriman orang tuanya. Pada awalnya, dia tidak mendapat dukungan bermain band dari keluarganya.

Monica yang bertubuh paling mungil, memegang posisi drummer pada band Virgo and The Sparkling.


Ussy (Tira)

Gadis kaya, blasteran bule yang tampak jutek pada awalnya. Tetapi sebenernya Ussy sangat menikmati persahabatan bersama Riani dan Monica.

Saking kayanya, Ussy lah yang membiayai akomodasi Virgo and The Sparklings ketika melakukan audisi di Jakarta. Mereka tinggal di Surabaya.

Kehidupan Ussy yang bak sultan, sangat memudahkan band nya. Mereka latihan di rumah Ussy dengan perlengkapan band lebih baik dari studio sewaan.

Awalnya, Ussy juga tidak didukung bermain band oleh ayahnya. Seiring berjalannya waktu, ayahnya pun luluh. Diluluhkan oleh kegigihan Ussy dan campur tangan ibunya πŸ˜†.

Ussy berperan sebagai leader dan keyboardist. Dia yang cantik, kaya, dan memiliki intuisi dalam bermusik, ternyata suaranya fals. Haha... pinter banget deh pembuat komiknya kasih karakter. Tidak ada yang sempurna di dunia komik ini🀣.


Leo

Kakak tingkat Riani dan Monica. Pertama kali muncul saat ospek. Dia jahil banget. Tapi sebenernya perhatian.

Pernah mengungkapkan perasaan kepada Riani, yang belum mendapat jawaban.

Jago taekwondo dan menjadi pelatih Riani belajar bela diri.

Hingga 112 episode, kisah cinta antara Riani dan Kak Leo, belum juga mengalami kejelasan 😌.


Ganendra

Lelaki buta yang memiliki kemampuan misterius seperti Riani. Meskipun buta, Ganendra dapat melihat melalui suatu cara ketika dia sedang tidur.

Ganendra lah yang membantu Riani belajar menguasai kekuatannya.


Saswi

Ketua Virgorgeous (fandom Virgo and The Sparklings). Saswi adalah orang pertama yang mengetahui kekuatan Riani.


Andik

Leader Rindu Band yang songong, tetapi bisa bersikap profesional pada akhirnya.


Versi cetak dan layar kaca

Usut punya usut, ternyata Virgo and The Sparklings sudah release komik cetaknya. Diterbitkan oleh Gramedia. Tapi waktu aku baca reviewnya, banyak yang kecewa dengan komik cetaknya. Kebanyakan dari mereka, menilai bahwa adegan-adegan dalam webtoon lebih detail dan lengkap. 

Baru ada 1 buku. Semoga ke depannya lebih baik lagiπŸ’ͺπŸ’ͺ.

Selain versi cetak, Virgo and The Sparklings juga akan (atau sudah?) tayang dalam bentuk film. Tapi aku belum ada keinginan untuk menonton. Untuk saat ini, aku cukup menikmati membaca komiknya di webtoon saja.


Kalau kalian penasaran, silakan baca Virgo and The Sparklings di webtoon, yang tayang setiap Senin malam. Selamat membaca 😘.


Merah Itu Aku

Jogja, 25 Agustus 2020




0 comments:

Post a Comment