Thursday, August 13, 2020

Hujan

Beberapa hari ini, Jogja sudah mulai diguyur hujan. Kabarnya, hujan turun merata membasahi Jogja. Alhamdulillah... pohon salam yang ditanam Bapak minggu lalu mendapat siraman air hujan setiap hari. Semoga tumbuh subur ya... 😁.

Salah satu yang aku rindu dari hujan adalah bau tanah basah. Khas dan 'ngangeni'. Hujan juga selalu mengantarkanku ke adegan-adegan romantis di cerita-cerita cinta. 

Ada banyak adegan-adegan di bawah gerimis hingga hujan lebat yang bikin baper 😆. Dari yang tiba-tiba datang mengantarkan payung, merelakan payung untuk orang terkasih -sementara dia rela kehujanan-, meminjamkan jaketnya agar orang terkasih tidak kedinginan, sampai adegan naik motor berdua di bawah derasnya hujan. Jangan lupakan adegan makan jagung bakar di kala gerimis turun. Uwuuu.. siapa yang ga ikutan baper cobak..

Adegan itu ada di cerita aja sih... di kehidupan nyata yang penuh onak dan duri, adegan hujan lebih relate dengan perjuangan menyelamatkan jemuran yang sudah setengah kering 🤣🤣🤣. Atau menyelamatkan keset dan sapu yang masih ada di teras. Duh... aku ibuk-ibuk sekali 😌.

Buat anak-anak, hujan membuat mereka rindu bermain air. Berlarian di bawah derasnya hujan hingga pakaian mereka basah dan tubuh sedikit menggigil kedinginan. Jika ibuknya sedang baik, ketika mereka pulang akan disiapkan air hangat untuk mandi dan segelas teh hangat untuk menghangatkan tubuh. Namun jika ibuk sedang kesal, maka anak-anak akan kena omel panjang pendek, tinggi rendah karena bermain hujan dan membuat lantai basah 😆.

Padahal coba ingat masa kecil kita. Bagaimana bahagianya bisa berlarian di bawah derasnya air hujan. Nikmat sekali kan... udah pernah merasakan segarnya minum air hujan yang langsung turun dari langit? Atau ingat bagaimana pedihnya kena air hujan yang turun dengan derasnya, tetapi tidak menyurutkan langkah untuk tetap bermain hujan... 🤩🤩. Ah.. masa lalu...

Untuk saat ini, anak-anak memang belum diizinkan bermain hujan. Apalagi kalau bukan karena pandemi covid 19. Kalau aku izinkan anak-anak keluar bermain hujan, bisa membuat anak-anak tetangga kepingin ikutan hujan-hujanan juga. Oh covid.. covid... semoga engkau lekas pergi dari kehidupan kami...

Allahumma soyyiban naafi'an.

Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.


Merah Itu Aku

Jogja, 13 Agustus 2020

0 comments:

Post a Comment