Saturday, August 22, 2020

Bu Tejo yang Sedang Viral

Kamis malem, aku dapet stiker whatsapp di grup alumni sekolah bergambar perempuan berkerudung tosca. Waktu liat, aku sampe mengerutkan kening sambil bertanya-tanya, "Iki sopo, to?"

Ternyata jawabannya aku dapatkan tak beberapa lama berselang, di grup sebelahnya. Jebul, saat aku keluarkan stiker, temen-temen di grup sebelah kok ngerti siapa tokoh dalam stiker tersebut. Bu Tejo dan Yu Ning.

Dua stiker pack Bu Tejo yang pertama kali aku koleksi 

Usut punya usut, kedua model stiker ini merupakan tokoh dalam film pendek berjudul TILIK. Yang berkerudung coklat namanya Yu Ning, sedangkan yang berkerudung tosca, namanya Bu Tejo.

Aku dapet link film Tilik dari seorang sahabat kesayangan di grup sebelah. 

Berikut linknnya:

https://www.youtube.com/watch?v=GAyvgz8_zV8

Film pendek ini berjudul Tilik.  Mengambil lokasi di Yogyakarta, Tilik mengusung kehidupan keseharian emak-emak.

Tilik merupakan bahasa Jawa yang berarti menengok. Film dengan durasi film 32 menit ini, menceritakan perjalanan rombongan emak-emak yang sedang melakukan perjalanan menengok Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit.

Perjalanan menuju rumah sakit diisi dengan berbagai kejadian dan dialog yang lucu dan menggemaskan. Menggemaskan karena di dunia yang penuh warna ini, orang-orang seperti di film Tilik memang nyata adanya.

Bu Tejo adalah seorang istri dari (yang katanya) calon lurah. Dari segala aksesori yang menempel di tubuh dan cara bicaranya, Bu Tejo digambarkan sebagai seorang perempuan yang mempunyai mulut pedas dan berasal dari kelompok ekonomi menengah ke atas. Suka ghibah tapi ga mau dighibahin 😅. Cara dia mengucapkan setiap kalimat, aselik membuatku pengen ketawa guling-guling sekaligus pengen gaplok mukanya 🤣🤣🤣.

Kemudian ada juga Yu Ning yang nampak lurus dan bersebrangan dengan Bu Tejo. Dia digambarkan sebagai sosok yang tidak suka dengan kenyinyiran Bu Tejo. Ada adegan di mana mereka adu mulut yang kemudian berakhir begitu saja. Hihi... begitulah emak-emak. Berantem hebat, abis itu pergi bareng. Tapi tar nyinyir lagi 😌😂. 

Dari film Tilik, kita dapat mengambil banyak pelajaran. Jangan menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari media sosial (internet). Sebaiknya kita tabayyun (crosscheck) sebelum mempercayai suatu berita. 

Pemeran Bu Tejo adalah Siti Fauziah Saekoni, yang ternyata sudah berperan di beberapa film layar lebar, antara lain Talak 3 dan Bumi Manusia. Aku belom nonton semua tapinya 🤭.

Film Tilik dibuat tahun 2018, tetapi baru diunggah secara resmi di youtube pada Agustus 2020. Dan langsung viral. Film Tilik yang diproduksi oleh Racavana Films dan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY, mendapatkan anugerah Piala Maya tahun 2018.

Begitu viral, whatsapp stiker dengan wajah Bu Tejo dengan segala quotes-nya langsung bermunculan di mana-mana. Haha... sungguh kreatif.

Sudah nonton Tilik? 


Merah Itu Aku

Jogja, 22 Agustus 2020

0 comments:

Post a Comment