Thursday, June 13, 2019

Family Project (Meningkatkan Kecerdasan) Hari ke-1

Memikirkan tantangan Meningkatkan Kecerdasan Anak melalui Family Project di lokasi permudikan memang cukup memusingkan. Awalnya mau mengajak Kakak Zidan dan Kakak Athar untuk berdiskusi. Tapi karena mereka menginap di rumah sepupunya sejak kemaren, akhirnya aku putuskan sendiri saja, yaitu berolah raga  bersama (jalan-jalan keliling komplek rumah eyang😅). 

Jangan dibayangkan lokasi permudikan ini berada di dekat pegunungan atau sawah yang terhampar luas. Memang di belakang rumah eyang ada sawah yang pernah begitu luas, sebelum bangunan-bangunan itu berdiri di sana. Proyek pembangunan RSUD dan beberapa bangunan milik pemerintah dan swasta yang gencar dilakukan beberapa tahun belakangan ini, mematikan sawah-sawah yang ada di belakang sana.
Malah bisa dibilang, rumah kami di Jogja lebih cocok untuk dijadikan lokasi permudikan karena suasananya lebih 'dapet'🤭.

Sebenarnya rumah eyang dekat dengan pantai. Tetapi tidak cukup dekat untuk ditempuh dengan berjalan kaki oleh anak-anak. Biarlah besok ke pantai saat Mr. Right akan menjemput kami kembali ke Jogja. Terlalu optimis bagiku jika membawa anak-anak ini ke pantai tanpa ayahnya🤣🤣.

Mari kembali ke Family Project, berolah raga bersama akan menjadi salah satu cabang dari project 'KELUARGA SEHAT, CERIA, DAN GEMBIRA'
Menyesuaikan dengan lokasi kami saat ini, kami akan melakukan olah raga bersama. Ke depannya, kami akan melakukan banyak hal untuk menunjang hidup sehat keluarga, dengan ceria dan gembira.
Aku pikir, project ini cukup relevan dilakukan setelah lebaran begini karena aku dan Mr. Right pada khususnya, amat sangat membutuhkan olahraga untuk memecah lemak-lemak hasil ngopor selama beberapa hari setelah Ramadhan berakhir🤣🤣.

Dengan family project ini, aku berharap dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak, selain meningkatkan kualitas kesehatan tentunya. Beberapa kecerdasan yang dapat diasah antara lain:

1. Kecerdasan Intelektual
- Kecerdasan bahasa: dapat ditingkatkan dengan pengenalan dan pengucapan nama hewan dan tumbuhan di sepanjang jalur jalan-jalan kami. Cocok untuk meningkatkan kemampuan bahasa Dek Lou yang sedang dalam tahap belajar mengucapkan kata dengan jelas dan lengkap.
- Kecerdasan kinestetis-tubuh: anak-anak berlatih mengontrol gerakan tubuh.

2. Kecerdasan Emosional
- Kecerdasan memotivasi diri sendiri: melatih anak-anak untuk meningkatkan motivasi berolah raga
- Ketrampilan sosial: melatih anak-anak berinteraksi dengan orang lain yang ditemui sepanjang jalur jalan-jalan kami.

3. Kecerdasan Spiritual
Mengenalkan ciptaan Allah dan bersyukur atas nikmat sehat yang kita terima.

4. Kecerdasan Menghadapi Tantangan
Tantangan yang mungkin dihadapi adalah rasa malas dan lelah. Dengan olah raga bersama, diharapkan anak-anak dapat menghadapi tantangan yang ada.

Selamat membuat family project untuk keluarga tercinta dan rasakan bagaimana dampaknya bagi kebahagiaan keluarga 😘😘.


Merah Itu Aku
Cilacap, 13 Juni 2019

0 comments:

Post a Comment