Tuesday, June 11, 2019

Ngapak 'in

Sebagai rakyat Republik Ngapak negara bagian Plat R, bahasa ngapak merupakan bahasa yang sangat dekat dengan telinga kami (aku dan Mr. Right). Dalam bahasa sehari-hari, aku dan Mr. Right sering ber'ngapak' ria, tapi tidak dengan anak-anak. Bahasa dengan anak-anak menggunakan bahasa Indonesia dengan sisipan bahasa tak baku disertai sedikit bahasa ngapak dan bahasa Jawa bagian Sleman๐Ÿ˜Œ. 

Semenjak bahasa ngapak go nasional, anak-anak jadi seneng berbahasa ngapak meskipun dengan logat Jogjanya. Awalnya justru dari temen-temen sekolah yang mengenalkan bahasa itu, gara-gara nonton sebuah serial sitkom di salah satu stasiun televisi nasional. Anak-anak yang lebih sering nonton kartun jadi ribut pengen nonton sitkom itu juga. Aku agak khawatir kalo-kalo sitkom itu ga layak tonton buat anak-anak. Ternyata waktu nonton, lucu juga๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….

Settingnya di negara bagian Plat AA. Ada beberapa kata yang berbeda dengan bahasa negara bagian Plat R. Tapi secara logat bahasa, hampir sama persis. Jadilah anak-anak makin sering berbahasa ngapak meskipun sepotong-sepotong๐Ÿคญ๐Ÿคญ. Lucu banget dah mereka itu... aku yang orang asli Republik Ngapak aja sampe ketawa kalo denger mereka berbahasa ngapak dengan logat setengah Jogja..

'Ora kaya kuwe, Ilham....'
'Nang kene, mbog...'
๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…


Merah Itu Aku
Cilacap, 11 Juni 2019

0 comments:

Post a Comment