Monday, December 16, 2019

Long Life Learning

Tahun ini adalah tahun tersibuk (maruk? πŸ˜…) kuliah online. Ada lebih dari 3 kuliah online yang aku ikuti. Bahkan ada yang berbarengan waktunya. Ga kebayang waktu itu gimana bisa selesaikan tugas-tugasnya. Tapi karena semangat membara, alhamdulillah bisa dilalui. Ohiya, masih ada 1 kuliah yang belum selesai. Dan itu kuliah online terpanjang yang aku ikuti. 12 bulan, gaesss😁😁.

Kuliah online di sini, tidak termasuk kuliah whatsapp (kulwapp) ya... Nampaknya penting juga nih untuk membuat list kulwapp yang diikuti dalam setahun😌. Kuliah online yang aku ikuti bukan kuliah di lembaga pendidikan formal, tetapi lebih ke kelas belajar yang diadakan oleh komunitas untuk pengembangan diri.

Daftar kuliah online yang aku ikuti dalam setahun ini:

1. Gemar Rapi (Gemari) Pratama batch 1
Kuliah online tentang bagaimana menata diri, termasuk menata segala benda yang ada di dalam tempat tinggal kita. Selain itu, dalam kuliah ini, kami juga diberi materi bagaimana memperlakukan barang-barang, termasuk sampah yang keluar dari rumah agar tidak menjadi beban bumi.

Baca juga tulisanku di sini.

Insya Allah bakalan daftar kalo dibuka pendaftaran untuk kelas lanjutan Gemar Rapi Madya. Doakan aku yaπŸ€—πŸ€—

2. Bengkel Diri (BD) level 1 angkatan 7
Kuliah online ini, aku ikuti sebulan setelah kelas Gemari Pratama dimulai. Jadi selama mengikuti kelas BD, aku juga ada tugas-tugas dari Gemari Pratama. Alhamdulillah semua bisa dilalui sambil salto-saltoπŸ˜†πŸ˜†.
Tentang bengkel diri, sudah aku kupas di sini πŸ₯°πŸ₯°.

3. Home Educator
Kuliah berlangsung sekitar 2 bulan. Diadakan oleh Ibu Profesional regional. Cuma bukan termasuk dalam kuliah wajib di Ibu Profesional dan diikuti oleh umum (di luar member Ibu Profesional boleh ikutan).
Silakan dibaca tentang kuliah Home Educator di sini.

4. Bunda Sayang batch 5 Institut Ibu Profesional
Ini kelas lanjutan setelah kelas matrikulasi yang aku ikuti tahun lalu. Kuliahnya dimulai setelah kelas BD dan di 2 bulan terakhir kuliah Gemari Pratama. Masa kuliahnya paling lama (sepanjang kuliah online yang aku ikuti).
Saat ini masih berlanjut. Karena masa kuliah yang panjang, konsisten adalah koentji.
Yang dipelajari dari kuliah bunda sayang adalah bagaimana menjadi perempuan, istri, dan atau ibu yang bisa bermanfaat, berbagi, dan melayani ke dalam keluarga. Bermanfaat bagi dirinya, dan orang-orang dalam keluarga. 
Tantangan-tantangan dalam kuliah bunda sayang, aku kerjakan di blog ini juga. Karena banyak tulisan, aku ga kasih link nya ya🀭🀭.

5. Bengkel Diri level 2 angkatan 4
Ini kelas lanjutan dari BD level 1. Materinya lebih mendalam lagi. Dan aku lumayan terseok-seok mengikuti kuliahnya. Dengan tugas-tugas kelas BD yang seminggu bisa 2 deadline, ditambah kuliah Bunda Sayang yang tugasnya nulis 15 hari berturut-turut (kalo mau ngejar badge Outstanding Performance), aku harus semakin salto-salto ngikutinnya. Yang terjadi adalah tugas-tugas banyak yang nyusulπŸ˜₯πŸ˜₯. Aku merasa tak maksimal. Padahal materinya keren-keren sangat. 
Berniat untuk mengikuti kelas lanjutan tapi harus lebih fokus. Menejemen waktunya harus dibenahi dulu πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ.

Oiya, sebenernya aku juga ikut kelas menulis cerpen. Itu masuk kuliah online juga ga yah?πŸ€”πŸ€”

Kalo kamu, suka ikut kuliah online juga ga? Atau kamu salah satu teman kuliah onlineku?😁😁


Merah Itu Aku
Jogja, 16 Desember 2019





2 comments:

  1. mbaaakk kok keren sih kamuuuu? (ga ada emot mata love2 di laptop ni, padahal pengen bikin ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish...kita semua kan emang keren dengan versi masing-masing mba πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Delete