Thursday, February 21, 2019

Home Educator

Sudah 3 minggu ini, aku mengikuti kuliah online home educator. Diharapkan setelah mengikuti perkuliahan ini, para ibu bisa jadi home educator untuk anak-anaknya. Karena aplikasi untuk anak pra sekolah (1-7 tahun), maka aku aplikasikan untuk Dek Lou saja. Sebenernya disarankan untuk anak yang lebih besar supaya nanti mudah membuat kurikulum untuk adeknya. Tapi aku pikir, Kaka Athar udah hampir 7 tahun banget, jarak ke Dek Lou terlalu jauh, dan menurutku, tiap anak berbeda, maka kurikulum untuk kak Athar belum tentu bisa dipakai untuk Dek Lou.

Ada 1 tugas yang harus dikumpulakan tiap minggu nya, dengan batas waktu pengumpulan tiap hari Sabtu jam 23.59 WITA. Perkuliahan berlangsung 4 minggu, jadi total ada 4 tugas yang nantinya akan kami kerjakan.

Setelah mengikuti 3 minggu perkuliahan, aku jadi lebih jeli mengamati sifat-sifat unik dan bakat Dek Lou. Mengikuti apa yang Dek Lou suka, kemudian memasukkan aktifitas yang sesuai untuk perkembangan usianya.

Banyak dari kita yang sudah 'setua' ini baru menyadari salah jurusan. Jangan sampai anak kita mengalami hal yang sama. Memetakan bakat anak sejak kecil akan mengurangi resiko salah jurusan. Mengetahui bakat dan minat anak juga akan memudahkan kita dalam mengajarkan sesuatu kepada anak.

Materi minggu ini adalah Montessori. Aku suka metode Montessori karena metode ini mempersiapkan anak untuk mandiri. Dengan filosofi-filosofi nya, maka tahap demi tahap menuju kemandirian anak akan tercapai. Mungkin tidak semua anak (atau orang tua) cocok dengan metode ini, tapi secara garis besar, aku suka filosofi nya. 

Mungkin harus bikin satu tulisan yang membahas Montessori ya😁😁.

Setiap anak adalah unik, sebagai orang tua, kitalah yang harus banyak belajar untuk dapat mendampingi mereka.


Merah Itu Aku
Jogja, 21 Februari 2019


0 comments:

Post a Comment