Sunday, June 21, 2020

Mencoba Kefemesan Bersepeda Saat Pandemi

Sabtu dan Minggu pagi, biasanya jadwal Kakak Zidan gowes bareng Mr. Right dan Dek Lou. Dek Lou dibonceng Mr. Right, sedangkan Kakak Zidan naik sepeda sendiri. 
Sementara mereka gowes, aku dan Kakak Athar jalan mix jogging dengan jalur berbeda (yaiyalah).


Bersepeda dengan mengikuti protokol kesehatan (pake masker)

Pagi tadi, Kakak Zidan males-malesan aja gitu waktu disuruh siap-siap gowes. Aku yang udah mau berangkat jogging jadi keidean buat gowes bareng Mr. Right dan Dek Lou, memakai sepeda Kakak Zidan. Dengan rela dan ikhlas, Kakak Zidan memperbolehkanku memakai sepedanya. 
"Gapapa... sekali-kali Bunda pake sepedaku. Kasian," begitu katanya saat melepaskan sepedanya πŸ˜….

Maka pagi tadi, berbekal sepeda dan helm pinjaman, aku merasakan menjadi salah satu goweser yang menggelinding di atas jalanan Jogja. Untuk pertama kalinya sejak 24 tahun yang lalu, aku naik sepeda untuk jarak yang lumayan jauh. Menurut alat ukur jarak tempuh Mr. Right, jalur yang tadi kami lalui mencapai 7 km.

Separuh jalur gowes kami berupa tanjakan, dan separuh sisanya adalah turunan. Jadi inget paribahasa 


Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian

Setelah nyaris tidak bisa merasakan kakiku karena ternyata bersepeda di tanjakan begitu melelahkan, akhirnya jalur yang kami tempuh menurun juga. Yang tanpa perlu susah payah menggowes pun, sepeda sudah meluncur dengan cepat πŸ˜….

Kata Mr. Right, jalur yang kami tempuh adalah jalur yang biasa dilalui bersama Kakak Zidan tiap weekend. Wow...si kakak hebat sekali ternyata 😁.

Sepanjang perjalanan, kami bertemu dengan goweser lain. Dan mereka lebih kenceng jalannya. Ini cuma masalah jam terbang kok πŸ˜…. Aku udah ngos-ngosan banget di tanjakan yang cuma dicengirin aja sama Mr. Right.
"Baru juga segini, Bun," ngeselin ya kalimat pembakar semangatnya.

Tapi tentu aja aku ga bakalan minta balik di tengah-tengah perjalanan. Gengsi 🀣🀣🀣. Dan aku mengakui kalo gowes emang olahraga beneran deh. Haha... pantesan aja tiap pulang gowes, Mr. Right bisa mandi keringet. 

Ada beberapa catatan yang perlu aku perhatikan kalo mau ikutan gowes lagi. 

1. Pake celana yang bawahnya ada karetnya.
Tadi pagi, aku pake celana olahraga dengan model lurus. Beberapa kali ujung celana nyangkut di gear rantai. 

2. Pinjem celana berpadding punya Mr. Right.
Celana berpadding adalah celana gowes yang memiliki empuk-empuk di bagian pantat. Karena memang ya..sepedaan ini bikin pantat sakit. Meskipun ga sesakit yang aku bayangkan sebelumnya sih...
Iya..pinjem ajalah.. belom perlu beli. Lagian Mr. Right punya banyak. Gpp kalo aku culik satu biji seminggu sekali🀣.

3. Latihan ganti gigi.
Sepedaku 24 tahun yang lalu adalah sepeda mini merek phonix, berwarna hitam, memiliki boncengan di belakang, dan sebuah keranjang di bagian depan. Jadi, aku benar-benar tidak familier dengan sepeda dengan pilihan gigi. Padahal itu sangat membantu dalam melewati medan pergowesan. Seperti saat menanjak, sebaiknya pake setelan gigi yang enteng biar ga perlu mengerahkan energi berlebih buat gowes. Meskipun seenteng-entengnya gowes ditanjakan tetep berpeluh-peluh jugaπŸ₯΅πŸ₯΅.
Karena aku belum terbiasa, maka aku selalu khawatir ganti gigi. Takut jatoh 🀣🀣🀣. Haha... aku feel so old.

Sementara bikin tiga catatan ini dulu. Mungkin kalo kepikiran yang lain, bakalan aku tambahkan di lain waktu 😁.

Apakah setelah merasakan gowes aku langsung jatuh hati padanya? Tentu tidak, Matilda... aku masih akan kembali jogging besok. Mungkin akan gowes lagi seminggu sekali. Atau entahlah... hihi... 

Buat temen-temen yang hobi gowes, semangat berolahraga ya... tetap patuhi protokol kesehatan. Jangan bergerombol. Salam sehat 🚴‍♀️🚴‍♀️🚴‍♀️.


Merah Itu Aku
Jogja, 21 Juni 2020

0 comments:

Post a Comment