Friday, June 26, 2020

Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas daerah Banyumas dan sekitarnya. Iya, dan sekitarnya karena ternyata di Cilacap, mendoan juga merupakan makanan khas. Meskipun saat ini mendoan bisa diperoleh di hampir banyak kota, namun rasa mendoan di Cilacap begitu ngengeni 😁.

Sebagai orang yang sama-sama lahir dan besar di Cilacap, aku dan Mr. Right merupakan penikmat mendoan. Tapi kami berbeda style dalam memakan mendoan. Mr. Right merupakan tim sambal kecap, sedangkan aku tim cabe cigit. Eh, aku malah baru tau kalo mendoan bisa dimakan bareng sambal kecap setelah menikah dengan Mr. Right lho. Selama ini, aku taunya makan mendoan ya pake cabe aja.
FYI, cabe cigit dikenal sebagai cabe lalap (kata Pak Sayur langganan).

Mencari tempe untuk bikin mendoan di Jogja susah banget. Sekalinya nemu dan beli di warung deket sekolah anak-anak, ternyata berbeda dengan yang ada di Cilacap. Ciri tempe untuk membuat mendoan adalah tipiiiiiss dan lebar. Kalo di Cilacap, biasanya 1 bungkus bisa berisi 2 sampai 4 lembar tempe. Di antara tempe, diberi daun pisang. Malah pernah aku jumpai ada yang isinya sampai 6 tempe. Banyak banget ya...

Akhirnya, aku sering dibawain tempe untuk mendoan dari Cilacap. Kalau orang tua atau mertua dateng, biasanya bawain tempe untuk bikin mendoan. 

Mendoan artinya setengah matang. Jadi, kalo goreng mendoan, yang bener itu belom mateng sempurna. Tapi karena Mr. Right sukanya yang kriuk-kriuk, aku kalo bikin mendoan sampe mateng banget 🤣🤣. 

Mendoan buatanku ga seenak yang dijual di warung-warung mendoan di Cilacap. Tapi tetep favorit Mr. Right 😂 (kalo ga favorit, besok-besok ga mau masak mendoan lagi 🤧😌). Kalo ga dapet tempe import dari Cilacap, aku pake tempe yang bungkusan panjang, trus dipotong tipis-tipis.


Mendoan dan sambal kecap.

Resep mendoan:
Bahan:
- Tempe (aku pake tempe panjang dan diiris tipis)
- Daun bawang iris tipis
- Tepung terigu
- Tepung beras
- Air
- Minyak goreng

Bumbu halus:
- Bawang putih
- Kemiri
- Ketumbar
- Kunyit 
- Garam

Bahan sambal kecap:
- Cabai iris tipis
- Tomat iris dadu
- Bawang goreng
- Kecap manis

(Takaran sesuai perasaan 😁)

Cara pembuatan:
1. Campur bumbu halus, daun bawang, tepung terigu, dan tepung beras. Tambahkan air hingga kekentalan yang diinginkan.
2. Panaskan minyak goreng.
3. Masukkan tempe pada adonan tepung.
4. Kecilkan api kompor, masak tempe dalam minyak panas. Masak hingga kematangan yang diinginkan.
5. Buat sambal kecap dengan mencampurkan semua bahan.
6. Sajikan mendoan hangat dengan sambal kecap.

Selamat mencoba 😘


Merah Itu Aku
Jogja, 26 Juni 2020

0 comments:

Post a Comment