Saturday, June 20, 2020

Sepeda(an)

Beberapa minggu yang lalu, Mr. Right membelikan Kakak Zidan sepeda baru. Mereka beli berdua aja. Secara kami masih belom berencana keluar rumah rombongan ke mana-mana sementara ini. 

Mereka keluar rumah lama banget. Ternyata toko sepedanya jauh banget dari rumah dan di sana rame banget. Bukan cuma rame. Tapi rame banget. Makanya selain perjalanan lama karena jauh, juga harus nunggu sepeda lumayan lama juga. 

Duduknya jauh-jauhan dong?
Kata Mr. Right,  ga ada tempat duduk, ga ada physical distancing, rame banget.
Seketika itu juga, aku merasa horor. Padahal saat itu belum masuk new normal dan masih banyak wilayah Jogja yang masuk zona merah.

Fenomena bersepeda di masa pandemi seperti ini memang mengusik rasa penasaran. Dari cerita Mr. Right yang menggambarkan toko sepeda rame, kemudian dari berita yang mengabarkan bahwa tukang sepeda sampe kehabisan stok, membuatku terheran-heran. Apa sih hubungannya masa pandemi dengan sepeda?

Kemudian aku melakukan diskusi tak berfaedah dengan Mr. Right yang ujung-ujungnya bikin kami kesel karena aku ga nerima penjelasan Mr Right, sedangkan Mr. Right merasa bahwa aku ga ngerti-ngerti juga 🤧🤣🤣.

Menurut Mr Right, pemilihan bersepeda di masa pandemi, disebabkan oleh beberapa hal (disertai kengeyelanku yang bikin Mr. Right kesel 🤣):

1. Orang-orang sudah bosan di rumah saja.
Lah, kan emang masa pandemi gini, kita disuruh di rumah aja. Kalo pengen pergi keluar ya pake kendaraan yang udah ada di rumah. Kenapa harus beli sepeda?

2. Orang-orang butuh olahraga.
Dibilang disuruh di rumah aja ya olahraga di rumah. Kenapa yang laris itu sepeda, bukan treadmill atau sepeda statis gitu?

3. Orang-orang perlu keluar rumah.
Dibilangin di rumah aja kok masih pengen-pengen keluar rumah juga.

4. Sepeda adalah pilihan keluar rumah sekaligus olahraga. 
Jogging juga olahraga keluar rumah.
Mr. Right says: Tapi ga bisa jauh. Kalo naik sepeda bisa jauh.
Aku: kalo mau jauh, kenapa ga naik motor aja?
Mr. Right: orang itu butuh olah raga juga
Aku: aku ga ngerti deh. Kalo mau olahraga ya udah jogging aja. Kalo mau pergi jauh, tinggal naik motor. Kenapa harus beli sepeda?

5. Sepeda merupakan alat transportasi sekaligus olahraga yang relatif murah dan terjangkau.
Kalo di rumah udah ada alat transportasi, kenapa harus melakukan pengadaan dengan beli sepeda baru? Itu yang ga aku ngerti.

*poin 5 sih ada pengecualian buat sepeda yang harganya bisa lebih mahal dari motor ya 🥴.

Mr. Right sampai nyuruh aku nyobain sepedaan biar aku tau gimana enaknya bersepeda. Mungkin memang fenomena bersepeda hanya dimengerti oleh orang yang suka keluar rumah. 


Merah Itu Aku
Jogja, 20 Juni 2020

0 comments:

Post a Comment