Sunday, April 14, 2019

,

Klaster 1: Dapur (Part 1)

Alhamdulillah... tibalah saatnya aku turun ke lapangan juga... lapangan pertama yang diurus adalah DAPUR. Ini sesuai dengan pilihan masing-masing. Aku pilih dapur karena aku sebenernya suka masak. Tapi akhir-akhir ini aku mulai jarang masak karena dapur yang semakin sumpek dengan barang-barang tidak jelas.
Yang pertama dilakukan adalah decluttering peralatan dapur.
Proses Decluttering.
1. Apakah Anda membuat sub-kategori di setiap kategori dapur Anda? jelaskan alasannya (jika iya kenapa, jika tidak juga kenapa. untuk memudahkan cek materi halaman 4)
Ya. Ada tambahan sub kategori untuk peralatan makan dan bahan makanan. Untuk peralatan makan, dipisahkan untuk yang dipakai sehari-hari dan untuk acara-acara tertentu (misal arisan atau keluarga besar datang berkunjung). Untuk bahan makanan, dipisahkan untuk bumbu dapur/bahan makanan mentah (sayur, buah, daging, telur) dan bahan makanan kemasan.
1) peralatan makan (piring, sendok, gelas, mangkuk)
○ Dipakai sehari-hari
○ Untuk acara tertentu saat banyak orang berkunjung
2) peralatan memasak (panci, wajan, kukusan)
3) bahan makanan (di pantry dan di dalam kulkas)
○ Bumbu/bahan makanan mentah
○ Bahan makanan kemasan
4) peralatan kebersihan (serbet, lap, keset, sabun cuci, spons cuci piring, sikat botol)
5) peralatan elektronik (magic com, kulkas, dispenser, oven listrik, toaster, mixer, blender)
6) container makanan dan minuman (toples, kotak makanan, botol minuman, teko air) -- tambahan kategori karena aku suka sekali memasukkan makanan ke dalam kotak sebelum dimasukkan kulkas


2. Cek menu keseharian Anda, bagaimana pola makan Anda dan keluarga? Apakah barang di dapur sudah memenuhi atau justru berlebihan? bisa Anda ceritakan barang apa saja yang sering digunakan dan tidak atau belum sama sekali digunakan.
○ perbandingan masak dan beli makanan jadi, hampir 50:50. Tapi sedang mengusahakan untuk lebih rajin masak.
○ ada beberapa peralatan masak yang double dan jarang dipakai. Untuk peralatan makan minum akan dikeluarkan, hanya yang sering digunakan saja. Untuk barang yang digunakan saat banyak keluarga berkunjung, disimpan di lemari.
○ ada beberapa kotak makanan yg dikurangi karena berlebihan. Yang disingkirkan adalah yang jarang digunakan.


Daftar alat yang dikurangi:
  • wajan (awalnya 2, tapi yang sering dipakai hanya 1)
  • Blender (awalnya 2 karena saat pindahan, blender belum ikut pindah, akhirnya beli lagi. Sekarang blender sudah ikut pindah)
○ yang sering digunakan:
□ wajan (1),
□ panci bergagang (2-untuk masak air dan masak sayur),
□ panci bertelinga untuk masak air mandi
○ yang jarang digunakan (sesekali tergantung mood memasak) :
□ blender
□ mixer
□ toaster
□ oven


3. Jika barang Anda berlebih-atau merasa overwhelm, bisa ceritakan proses mengurangi perlengkapan dapur Anda. Dalam hal ini bisa Anda kaitkan dengan prinsip RASA (termasuk keputusan memilah sampah dapur).
  • Rapi dan teratur
Semua barang yang tidak masuk dalam kategori yang sudah ditentukan dan atau jumlahnya berlebihan, akan dimasukkan ke dalam kotak khusus. Jika dalam jangka waktu 1 bulan, barang tersebut tidak digunakan, maka akan disalurkan ke panti asuhan.atau orang sekitar yang membutuhkan.
  • Aman dan nyaman
Barang yang ada di dapur adalah barang yang masih digunakan, dalam keadaan baik, menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia ketika berada di dapur. Barang yang tidak memenuhi kriteria tersebut, akan disumbangkan
  • Sehat dan bersih
Barang-barang yang ada di dapur tidak terlalu banyak dan sesuai kebutuhan, agar mudah dalam merawat dan membersihkannya.
  • Alami dan berkelanjutan
Dengan berkurangnya barang-barang di dapur, diharapkan sirkulasi udara dapur semakin lancar.
Demikianlah kegiatan decluttering klaster dapur part pertama. Nantikan part 2 minggu depan ya.

Merah Itu Aku
Jogja, 14 April 2019

0 comments:

Post a Comment