Wednesday, March 20, 2019

,

Pilar Gemar Rapi (Part 2)

Ini menyambung pilar Gemar Rapi part 1 yang udah tayang sebelumnya ya๐Ÿ˜‰... sekarang aku mau menjabarkan pilar Gemar Rapi part 2 sesuai kondisiku.

Pilar Gemar Rapi (part 2):
5. Menyesuaikan kondisi individu (personalized)
6. RASA sebagai prinsip (principles)
7. Memenuhi standard safety dan hygiene
8. Tidak mencemari lingkungan (environment)

Penjabaran pilar Gemar Rapi:
5. Apakah Anda sudah mengetahui karakter dari anggota keluarga dalam berbenah? Jika belum, tanyakan pendapat mereka (utamakan Anda terlebih dahulu-sebagai contoh) terkait hal tersebut. Dan berikan wawasan bahwa gemar rapi menyesuaikan dengan kondisi individu.

Sebagai ibu yang bekerja di ranah domestik, aku banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Aku seorang crafter sehingga area crafting menjadi prioritasku dalam berbenah. Selain itu, aku berusaha untuk memasak makanan sehat untuk keluarga, menjadikan area dapur dan kulkas mendapat perhatian lebih. 
Untuk urusan pakaian, aku tidak membutuhkan banyak macam untuk kegiatan keluar rumah. Kalau Mr. Right, akan sulit untuk mengurangi pakaian, tas, dan sepatu karena dia banyak beraktivitas di luar rumah. Tapi nantinya akan aku bantu dia untuk declutter barang-barang dia secara besar-besaran. 

6. RASA adalah prinsip metode gemar rapi yang merupakan singkatan :
Rapi dan teratur
Aman dan nyaman
Sehat dan bersih
Alami dan berkelanjutan
Jelaskan setiap poin dari prinsip tersebut berdasar pemahaman Anda. Dalam poin ini, ada penjelasan terhadap kondisi nyaman yang diwakili oleh kata hygee. Ceritakan apa makna rasa nyaman bagi anggota keluarga dan Anda di rumah.

Rapi dan teratur
Peletakan barang-barang sesuai dengan kategori yang tentunya akan memudahkan kami untuk mengambil dan mengembalikkan barang ke tempat semula

Aman dan nyaman
Tidak ada barang berceceran yang nantinya dapat terinjak dan menyakitkan. Tidak ada barang yang diletakkan sembarangan yang dapat jatuh karena mudah tersenggol atau ditumpuk terlalu tinggi tanpa mempertimbangkan aspek keseimbangan.
Nyaman untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. Terutama untuk anak-anak yang masih kecil.

Sehat dan bersih
Menjaga kebersihan seluruh sudut rumah, terutama area-area yang butuh perhatian khusus, yaitu dapur dan kamar mandi. Untuk membersihkan area khusus tersebut juga butuh treatment khusus agar tetap higienis.


Alami dan berkelanjutan
Mengutamakan pencahayaan dari sinar matahari di pagi dan siang hari, serta mengandalkan udara segar yang masuk dari luar rumah dibanding menggunakan pendingin udara (AC).
Berkelanjutan artinya tetap menjaga kebersihan dan kerapian secara terus menerus.

Menjaga kerapian dan kebersihan bukan berarti anak-anak tidak bisa mendapatkan kebebasan untuk berkreasi. Tapi justru dengan rumah yang tertata rapi, mereka dapat menemukan benda-benda yang mereka inginkan dengan mudah. Kemudian secara bertanggung jawab mampu mengembalikkan ke tempat semula. Sehingga mereka memiliki perasaan nyaman, senang, dan tenang ketika melakukan aktivitas di dalam rumah, inilah yang disebut hygee.

7. Cek kondisi rumah saat ini, apakah sudah sehat dan aman? Sejauh mana kehidupan sehari-hari terkoneksi dengan prinsip safety dan hygiene?

Jujurly, masih banyak yang perlu dibenahi untuk menuju kondisi yang sehat dan aman. Sementara ini, aku baru membersihkan rumah dengan ala kadarnya. Menyapu, mengepel, membersihkan kaca, membersihkan area dapur. Namun ke depannya, aku akan lebih memperhatikan kesehatan juga, seperti menjaga kehigienisan area dapur secara lebih serius.

8. Apakah ada upaya keluarga Anda agar hidup tidak mencemari lingkungan?

Sementara ini, kami belum banyak berkontribusi. Kami baru mengurangi penggunaan sedotan. Untuk pemilihan bahan makanan, aku banyak membeli dengan kemasan kaca bukan plastik. Pembelian sabun dan PKRT lain yang masih menggunakan plastik, aku pilih kemasan terbesar. Semoga ke depannya akan lebih aware untuk tidak mencemari lingkungan.

Hosh..hosh... demikianlah sedikit pengakuan tentang kondisi rumah kami... banyak sekali hal yang perlu dilakukan. Tapi kami harus semangat demi terciptanya hunian yang hygee.

2019 menuju Gemar Rapi๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช


Merah Itu Aku
Jogja, 20 Maret 2019

0 comments:

Post a Comment