Wednesday, May 15, 2019

Aliran Rasa Melatih Kemandirian


Melatih anak untuk mandiri memerlukan proses yang panjang dan melelahkan lama, menguji kesabaran serta konsistensi kami sebagai orang tua.
Sebagai orang tua, kami berpikir bahwa kemandirian merupakan hal yang harus dilatih sedini mungkin. Kemandirian bukan hanya tentang berlatih melakukan sesuatu sendiri, tapi tentang tanggung jawab dan kebiasaan. Tentunya kita harus mempersiapkan anak-anak untuk hidup tanpa bergantung pada kita secara bertahap. Kita tidak akan selamanya ada untuk membantu mereka.

Melatih kemandirian ketiga anak laki-laki yang lucu dan menggemaskan merupakan tantangan tersendiri untuk aku. Menantang untuk konsisten dan tegas, tetap menggunakan komunikasi produktif. Bukan cuma 10 hari saja, tapi juga untuk seterusnya.
Melatih kemandirian anak-anak juga mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin bagi keluarga mereka kelak. Bagaimana seorang laki-laki bisa menjadi imam dalam keluarganya, mendidik istri dan anak-anaknya, sedangkan mengurus diri sendiri saja masih tertatih-tatih? (Dan si ibu semakin halu serta melow🤧)

Setiap keluarga memiliki gaya kepengasuhan yang berbeda. Aku masih harus banyak belajar. Ilmuku sebagai orang tua masih begitu ceteknya. Aku belajar bagaimana menjadi orang tua yang tegas dan konsisten supaya anak-anak tumbuh sebagai manusia yang kuat menghadapi kerasnya hidup. Masih panjang perjalanan kami. Tapi kami harus bisa menjalaninya.


Merah Itu Aku
Jogja, 15 Mei 2019

0 comments:

Post a Comment